KARIMUN, SIJORITODAY.com– Kepolisian Resor Kabupaten Karimun pagi tadi mengundang sejumlah awak media yang ada di Karimun. Hal ini dilakukan guna penandatangan kerjasama antara Polres Karimun dengan sejumlah awak media baik media cetak, online dan elektronik diruang Rupatam Polres Karimun, Senin (3/3/20).

Kegiatan yang dihadiri Perwakilan dari Organisasi Pers, AJI, PWI, IJTI, JK dan KWK, serta perwakilan media di Karimun itu guna memperoleh keterbukaan informasi publik di lingkungan Kepolisian Resor Karimun.

“Ini kita buat untuk keterbukaan informasi di Polres Karimun. Sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang benar dan tidak menyesatkan,” kata Kapolres Karimun Yos Guntur.

Yos Guntur mengatakan, dengan kerjasama ini diharapkan dapat saling menjaga informasi yang bersifat rahasia atau tidak layak di sebar luaskan. Terlebih dalam memasuki tahun politik atau pilkada, peran media dibutuhkan agar terjaganya keamanan.

“Keterbukaan informasi itu sangat perlu. Tapi jangan pula menyebarkan informasi yang sifatnya rahasia. apalagi kita sudah memasuki tahun politik, rekan-rekan berperan penting dalam mejaga keamanan Karimun agar tetap kondusif,” ujarnya.

Yos Guntur menjelaskan, kegitan ini juga merupakan sebagai tindak lanjut yang dilakukan pusat, antara Polri dan Dewan Pers. Dalam kesepakatan itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan atau tidak boleh dilakukan dalam hubungan kerja.

“Semoga ini berjalan dengan baik, bersinergi dengan baik. Bila mana ada hal-hal yang perlu dibicarakan, tentunya bisa kita selesaikan dengan cara musyawarah,” jelasnya.

Yos Guntur menambahkan, dalam hal ini polisi akan mengedepankan musyawarah dalam menyelesailan persoalan yang timbul. Dengan kesepakatan itu juga menjadikan adanya payung hukum terhadap pers di Karimun.

“Jadi, kalau ada masalah jangan langsung ke SPKT. Ada prosedurnya, dan lebih baik lagi kalau dapat dibicarakan. Tidak masalah, asal disampaikan dengan etika dan jalur yang tepat. Saya pimpinan disini saat ini, siap terbuka 24 jam,” tambahnya.

Penulis: Riandi
Editor: Taufik

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here