Ist

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri menyatakan bahwa satu pasien yang dinyatakan positif Corona (Covid-19) asal Tanjungpinang ini sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke Malaysia.

Pasien tersebut dirawat di RSUD Raja Ahmad Thabib. Sebelumnya, dia sempat menjalani pemeriksaan kesehatan pada dokter praktik di Tanjungpinang.

“Pasien tersebut atas nama Nz Laki-laki 56 Tahun asal RSUD Raja Ahmad Thabib Kota Tanjungpinang dari BTKL Jakarta”, ujar Kadis Kesehatan Rustam, Sabtu (27/3/20).

Menurut Rustam, berawal dari pasien berangkat ke Malaysia bersama rombongan sebanyak 10 orang. Kemudian pasien berangkat pada Minggu tanggal 01 Maret 2020, melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang ke Sri Petaling dan Batu pahat Malaysia.

“Keberangkatan itu dalam rangka mengikuti suatu kegiatan, pada tanggal 13 Maret pasien dan Rombongan kembali ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura langsung menuju salah satu tempat dan menginap selama 1 hari, kemudian melanjutkan ke tempat lain selama 3 hari, tanggal 17 Maret kembali lagi ke tempat Tanjungpinang,” kata Rustam.

Selanjutnya, kata Rustam, pada hari Selasa, 17 Maret 2020, pasien mengeluh demam, batuk, pilek, nyeri otot dan badan terasa sakit serta mengalami mimisan.

“Pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2020 pasien berobat ke Dokter Praktik Mandiri (Dr. An), setelah itu pulang dan istirahat, namun kesehatannya tidak mengalami perbaikan. Pasien mengalami penurunan kesehatan dan akan dirujuk ke RSUD RAT namun yang bersangkutan mangkir dan tidak dapat dilacak sehingga gagal dibawa ke RSUD RAT pada hari itu,” imbuhnya.

Nah, Pada hari Kamis yaitu pada tanggal 19 Maret, pukul 21.00, pasien di rujuk ke RSUD RAT oleh tim dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang.

“Pada Hari Jumat tanggal 20 Maret 2020 pengambilan swab dan darah pasien dilakukan untuk pemeriksaan Covid-19 oleh Tim BTKL Batam dan petugas Dinas Kesehatan PP dan KB Tanjungpinang di RSUD RAT,” tutur Rustam lagi.

Memasuki hari Jumat tanggal 27 Maret 2020 , pihak dinas Kesehatan menerima hasil pemeriksaan sampel SWAB dari Balitbangkes RI melalui BTKL PP dengan kesimpulan terkonfirmasi hasil positif.

“Makanya, untuk kontak tracing terhadap semua orang yang ditengarai telah kontak dengan pasien telah dilakukan termasuk seluruh keluarga dan sebagian telah dilakukan pemeriksaan sampel,” tutup Rustam.

Oleh karena itu, Rustam berharap kepada masyarakat untuk tetap di rumah dan mengikuti anjuran Pemerintah terkait wabah virus Corona yang tengah mewabah di Provinsi Kepri, khususnya Tanjungpinang.

Penulis: Ilham

Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here