TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com- Merebaknya virus corona atau Covid-19 mengakibatkan ekonomi di Kepulauan Riau menjadi tidak menentu. Tantangan yang dihadapi warga yang tidak memiliki pendapatan tidak tetap saat ini sangat berat.

Tentu saja dampak penyebaran virus corona bakal menurunkan aktivitas ekonomi di daerah tersebut. Selain itu, terjadi penurunan kinerja di berbagai sektor, baik pariwisata, perdagangan, dan investasi.

Hal tersebut menjadi momok yang cukup menakutkan bagi warga di provinsi Kepri. Pasalnya, warga yang berpenghasilan tidak tetap ini tidak mampu menutupi kebutuhan keluarga, terutama buruh, tukang ojek dan nelayan.

Menyikapi persoalan tersebut, Plt Gubernur Kepri, Isdianto berencana memberikan sembako kepada masyarakat. Mengingat, seluruh masyarakat di Kepulauan Riau diminta untuk tetap berada dirumah, agar terhindar dari pandemi Covid-19.

“Saya akan mencoba untuk menyampaikan persoalan sembako ini kepada DPRD Kepri. Kita akan memberikan bantuan berupa bahan pokok kepada warga kita yang tidak mampu, kita akan menghitung dan akan kita berikan semua,” kata Isdianto, saat konferensi pers, Minggu (29/3), di Kantor Gubernur Kepri, Dompak.

Isdianto berharap, jika ini dapat terlaksana maka masyarakat tidak perlu memikirkan kebutuhan pokok pada saat karantina diri.

“Sehingga masyarakat kita ini, selama 14 hari tak perlu lagi memikirkan bahan pokok karena akan kita bantu,” ujarnya.

Namun, lanjut Isdianto, ada kriteria bagi penerima bantuan sembako. Yakni, masyarakat kurang mampu, tukang ojek dan nelayan.

“Yang akan menerima itu yang jelas, pertama masyarakat yang tidak mampu secara keseluruhan tidak pilih kasih ada data di dinas sosial. kedua, bagi tukang ojek dan nelayan, yang jelas orang yang mampu seperti pengusaha dan PNS tentu tidak akan menerima itu,” tutupnya.

Sementara, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Iskandarsyah sangat menyetujui soal pernyataan Plt Gubernur Kepri untuk memberikan bantuan sembako bagi warga yang kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Bahkan, Iskandarsyah sebelumnya telah mengusulkan untuk memberikan bantuan dalam bentuk sembako kepada warga.

“Saya setuju, bantuan sembako itu diberikan selama wabah Covid-19 berlangsung, bahkan menjelang hari raya Idul Fitri,” pinta Iskandarsyah.

Ia pun meminta pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melibatkan pemerintah kabupaten/kota dalam memberikan bantuan sembako itu.

“Pada intinya kami di DPRD akan mendukung penuh anggaran untuk penanganan sekaligus dampak ekonomi yang timbul akibat Covid-19 ini,” pungkasnya.

Penulis: Ilham
Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here