BAGANSIAPIAPI, SIJORITODAY.com – – Merebaknya pandemi virus corona diberbagai daerah di Indonesia, khususnya di Kabupaten Rokan Hilir, hingga kini jumlah Orang Dalam Pantauan (ODP) kian meningkat.

Setelah dilakukannya penyemprotan cairan disinfektan secara serentak di seluruh Indonesia, atas instruksi pemerintah pusat pada Selasa kemarin terbukti begitu cepat di realisasi tanpa ada perdebatan-perdebatan di ruang publik.

Kesadaran masyarakat itu juga membuat terlaksananya penyemprotan cairan disinfektan (Rabu,1/4/2020) yang di galang oleh Awi O-Liong bersama tim relawan dari 5 kelenteng di kota Bagansiapiapi yakni Pekong Sayur Pagoda Vihara Kirti, Pekong Mabuk atau Cekong Tuah, Pekong Panglima Sakti atau Kuan Te Tuah, Pekong Hian Sing Tuah dan Pekong Hotong King), juga tidak ketinggalan relawan dari seluruh etnis yang ada di kota Bagansiapiapi, di dampingi Upika Kecamatan Bangko Rijalul Fikri, serta unsur TNI-Polri.

Penyemprotan cairan disinfektan ini lebih diutamakan ke jalan menuju pemukiman warga dan rumah ibadah. Rute peyemprotan yang dimulai sejak Rabu pagi yakni : Gang Sumatera – jalan SGB – Haji Yahya – jalan Gereja – jalan Sumatera – jalan Sedar. Penyeprotan di lanjutkan sore hari dimulai dari jalan Perniagaan – jalan Kubu – jalan Perwira – Mesjid Muhammadyah – pajak Hulu – Pelabuhan Hulu – jalan Suhada – TPU jalan Pusara – jalan Batuhampar dan kembali ke Posko di Kelenteng Pagoda jalan Pahlawan.

Awi O-Liong bersama relawan serta unsur pimpinan kecamatan Bangko mengatakan, penyemprotan tersebut inisiatif dari masyarakat untuk ikut berperan dalam meminimalisir penyebaran covid-19.

“Dalam situasi darurat seperti itu, kita harus bersinergi atau bekerja sama dengan pemerintah seperti melakukan penyemprotan disinfektan, memberikan informasi, edukasi, serta menterjemahkan himbauan pemerintah untuk menjaga warganya seperti mengurangi aktivitas di luar rumah dan tempat-tempat keramaian, physical distancing, serta menjaga pola makan,” katanya.

Hngga Rabu sore pukul 17.00 data yang diterima dari Media Center Pemkab Rohil, jumlah ODP 1.795, PDP 2 orang, Selesai Pemantauan 161.

Penulis : Donald Freddy, Hery Chandra Winata P

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here