NATUNA, SIJORITODAY.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna Gelar Rapat Kerja dengan Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD dan Kepala Rumah Sakit Integrasi se-Kabupaten Natuna terkait dengan Penanggulangan Covid-19 dan Persiapan Ruang Isolasi, Rabu (1/3/2020) kemarin.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Natuna ini, dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Natuna, Daeng Ganda Rahmatullah dan Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik.

Direktur RSUD Natuna, Imam Safari dalam rapat tersebut menyampaikan, Pihak RSUD Natuna mengeluhkan atas terbatasnya Alat Pelindung Diri (APD) yang dimiliki saat ini, sementara penyebaran Covid-19 semakin meluas di seluruh daerah di Indonesia.

“Sementara RSUD Natuna baru menerima 30 dan Puskesmas 5 APD dari Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, meskipun sudah hampir tiga bulan wabah Virus Corona mewabah di setiap daerah,” ucap Imam Safari.

Imam Safari meminta, agar RSUD ditambah APD-nya. Sebab, kata Imam, hingga saat ini para tenaga medis, dokter dan perawat di RSUD Natuna hanya memakai pakaian masker biasa.

“Seandainya ada pasien yang terjangkit Covid -19, tentu hal ini akan sangat membahayakan keselamatan kami,” paparnya.

Sementara itu, Komisi I membidangi masalah kesehatan, Wan Arismunandar
menekankan kepada pihak RSUD Natuna agar membenahi ruang rawat isolasi bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. Tempat ruang isolasi dinilai tidak representatif, karena satu lorong dengan ruang pasien non PDP. Sangat berisiko, terlebih ruang kelas 3 dan 2 banyak dihuni pasien.

“Kami minta agar pihak RSUD dapat memperhatikan masalah ini. Sangat berisiko karena satu lorong dengan ruangan pasien non covid-19,” ujar Ketua Komisi I DPRD Natuna, Wan Arismunandar.

Wan Aris juga menyampaikan, ruang tersebut hanya dibatasi oleh kain pembatas. Karena hal itu, ia meminta agar RSUD segera membenahinya.

“Sangat berbahaya bagi pasien lain yang dirawat di ruang tersebut. Karena jarak mereka sangat dekat,” paparnya.

Penulis: Iwan
Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here