TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri melakukan sidak ke dua waduk untuk melihat ketersediaan air untuk beberapa minggu kedepan.

Dua waduk ini berada di Sei Pulai dan Gesek, hasil sidak tersebut menunjukkan ketersediaan air mulai habis sebelumnya pada bulan lalu air sekitar -90 cm ketika di sidak menjadi -95cm.

Seperti yang di sampaikan Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri, Mamad kepada Sijoritoday.com, Kamis (02/04).

“Sebelumnya -90cm sekarang sudah -95cm,” tuturnya.

Ia juga mengatakan, untuk waduk Sei Pulai jika tidak terjadi hujan, maka tidak akan sampai 1 bulan untuk ketersediaan air nantinya.

“Kalo dilihat sekarang mungkin gak sampai 1 bulan ini ketersediaan air,” ujarnya.

Mamad menyayangkan hal ini karena di tengah pandemi ini kebutuhan air sangat dibutuhkan masyarakat untuk mencuci tangan sehari-harinya. Sedangkan Waduk Gesek ketersediaan air masih cukup karena tidak minus atau 120 cm dan akan bisa bertahan 20 hari.

“Kalau Waduk gesek 120 cm, bisa bertahan selama 20 hari kedepan,” tuturnya.

Namun, waduk gesek mengalami masalah dalam mesin sehingga untuk penyuplaian air ke masyarakat akan di jadwalkan setiap 12 jam, itu dimulai sejak Sabtu (31/03).

“Untuk penyuplaian sekarang di waduk gesek tidak bisa digunakan dalam 24 jam karena mesin sedang rusak, sehingga di jadwalkan 12 jam untuk suplai ke masyarakat,” imbuhnya.

Ia juga sudah berkoordinasi dengan pihak provinsi terkait kondisi ke dua waduk tersebut. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk dapat menghemat penggunaan air mengingat kondisi saat ini sedang kemarau. Apalagi, perbaikan mesin sedang dikerjakan dan akan selesai pada 7-8 hari kedepan.
Penulis : Ilham
Editor: Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here