TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– Pangan sebagai suatu kebutuhan dasar bagi setiap manusia, mempunyai arti dan peran yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa. Untuk menjaga ketersediaan pangan ditengah pandemi Covid-19 dan usaha pemerintah memutus mata rantai penyebarannya, diperlukan kerja keras dan kesungguhan serta kesadaran semua pihak.

Untuk merespon hal tersebut dan sekaligus menindaklanjuti kebijakan pimpinan komando atas, maka Komandan Lanudal Tanjungpinang, Letkol Laut (P) Dani Achnisundani, S.H., M.Tr. Hanla, disamping mengintensifkan lahan yang ada di lingkungan Markas komando (Mako) Lanudal Tanjungpinang untuk kegiatan ketahanan pangan, juga potensikan petani mandiri di wilayah satuan kerja yang berada di Kampung Sei Sudep, Desa Dompak, Kecamatan Bukit Bestari, Kota Tanjungpinang, Senin (20/04) kemarin.

Menurut Danlanudal Tanjungpinang, hal itu dilakukan untuk menambah pengalaman dan wawasan cara bercocok tanam dengan karakteristik tanah yang ada di Tanjungpinang.

“Mengingat sifat fisik tanah sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan lahan,” kata Danlanudal.

Sementara itu, Bapak Mubin sebagai seorang petani mandiri yang sudah berpengalaman dalam mengolah tanah untuk lahan pertanian dengan tekstur tanah dan iklim yang sesuai dengan geografis Tanjungpinang, menjelaskan secara rinci cara bercocok tanam sayuran dan palawija agar supaya dapat panen maksimal.

Sebagai suatu ungkapan rasa syukur dan bangga lahan pertaniannya dikunjungi Danlanudal Tanjungpinang bersama jajarannya, Mubin merasa terpanggil untuk turut serta berkontribusi dengan berbagai macam jenis tanaman sayuran dan palawija untuk ditanam di lahan ketahanan pangan yang ada di satuan Lanudal Tanjungpinang, dan secara simbolis diserahkan bibit tanaman cabe kepada Letkol Laut Dani Achnisundani.

Mubin berharap, agar tanaman cabe ini dapat di rawat dengan baik sehingga dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi keluarga besar Lanudal Tanjungpinang.

“Inilah rasa bangga dan dukungan kami sebagai warga masyarakat Tanjungpinang terhadap kesuksesan TNI pada umumnya, dan khususnya Lanudal Tanjungpinang, dalam menjalankan program ketahanan pangan,” ujar Mubin.

Sementara itu, Danlanudal Tanjungpinang, mengucapkan terima kasih atas peran serta kontribusi aktif bapak Mubin kepada bangsa dan negara secara tulus ikhlas mensukseskan kegiatan ketahanan pangan yang telah diprogramkan oleh pimpinan komando atas. Sebagai petani mandiri yang ada di wilayah satuan kerja Lanudal Tanjungpinang dan sudah berpengalaman, kegiatan ini tentunya sangat berarti dan tak ternilai harganya.

“Besar harapan, tindakan konkrit pemanfaatan lahan satuan Lanudal Tanjungpinang untuk kegiatan ketahanan pangan ini, dapat berhasil dengan baik dan optimal sesuai dengan potensinya mengantisipasi dampak pandemi Covid-19,” pungkas Danlanudal Tanjungpinang.

(Pen Lanudal Tanjungpinang).

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here