Layanan besuk online disediakan untuk para tahanan jelang bulan puasa di Mako Polres Bintan, Kamis (23/4). Foto: Btn

BINTAN, SIJORITODAY.com – – Besok, umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Sebagian masyarakat menyambutnya penuh suka cita tak terkecuali mereka para tahanan yang mendekam dibalik jeruji besi tahanan.

Bagaimana ceritanya, berikut ulasannya dari balik jeruji besi Mako Polres Bintan.

Sat Tahti Polres Bintan memfasilitasi para tahanan untuk menyapa keluarganya via sambungan online. Berbekal tablet 10 inchi dan sambungan internet serta aplikasi Google Hangout, para tahanan bisa terhubungan dengan keluarga terdekatnya.

Ada yang menghubungi pacarnya, istrinya serta ibunda tercinta. Meski tak bisa meminta maaf secara langsung sebagaimana kebiasaan masyarakat menjelang puasa, pada kesempatan itu para tahanan juga mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan kepada keluarganya.

Kasat Tahti Polres Bintan Iptu Zalmi mengatakan, pihaknya sengaja memfasilitasi para tahanan agar bisa tetap terhubung dengan keluarganya. Apalagi, besok mau puasa.

“Ya biar mereka (tahanan) bisa tetap terhubung dengan keluarganya. Meskipun melalui video,” kata Zalmi, Kamis (23/4).

Besuk online ini sebenarnya sudah lama diterapkan sejak mewabahnya COVID-19. Namun, berhubungan momen akan memasuki bulan puasa, maka pihaknya berinisiatif memberikan kesempatan itu kepada para tahanan.

Ia berharap, para tahanan memanfaatkan momen ini untuk berkomunikasi dengan keluarga terdekatnya dan meminta maaf kepada keluarganya jelang bulan suci Ramadhan 1441 H.

“Kan tidak semua bisa bertemu. Semoga dengan fasilitas yang kami berikan bisa mengobati rasa rindu mereka dengan keluarganya,” timpalnya.

Selama melakukan panggilan video call, para tahanan diawasi personil Polres Bintan. Bahkan, ada pulak tahanan yang meneteskan air mata ketika mengobrol dengan ibunya. (Btn)

 

Editor: Akok

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here