Puluhan warga mendatangi Kantor Desa Gunung Kijang mempertanyakan BLT COVID-19 yang tak kunjung disalurkan, Selasa (12/5). Foto IST

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Puluhan warga Rt 01 Rw 01 Desa Gunung Kijang mendatangi Kantor Desa Gunung Kijang, Selasa (12/5) pagi.

Kedatangan warga karena kesal belum menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari Pemkab Bintan. Padahal, penyaluran BLT sudah dilakukan sejak Jum’at (8/5) kemarin.

Meski begitu, sebagian perwakilan warga diajak berdialog dengan perwakilan Pemkab Bintan yakni Kepala Dinas Sosial Bintan Edi Yusri, Kepala Dinas PMD Ronni Kartika, Camat Gunung Kijang Arif Sumarsono, Kepala Desa Gunung Kijang La Nade serta Ketua Rt 01 Ferdianus Yohanes.

Informasi yang dihimpun, dalam pertemuan tersebut Ketua Rt 01 telah memberikan data perbaikan BLT COVID-19 sebanyak 62 KK.

Namun, data tersebut belum tentu langsung akan menerima BLT dari pemerintah. Tim verifikator dari Dinas Sosial Bintan akan turun melakukan verifikasi. Jika layak, warga akan menerimanya.

Permasalahan ini diakui Camat Gunung Kijang Arif Sumarsono, sudah sempat diselesaikan Ketua Rtnya. Hanya saja, warga tak puas.

“Ada data di Rt 1 Rw 1 yang pada saat pendataan awal, belum terdata. Tapi sudah diusulkan untuk tahap berikutnya. Mereka gak cukup kalau pak Rt yang menjelaskan. Tapi alhamdulillah sudah clear,” ujar Arif.

Soal BLT ini, memang tak hanya terjadi di Gunung Kijang saja. Beberapa desa-desa lain juga mengalami hal serupa.

Sebagaimana diketahui, bantuan recovery dampak dari wabah COVID-19 ini disalurkan menggunakan uang dari APBN, APBD dan APBDes.

Pemkab Bintan menyalurkan bantuan dengan 3 kriteria di tahap pertama ; ada 19.396 KK menerima bantuan senilai Rp 1,2 juta dari APBD dan 7.401 KK menerima Rp 1,2 juta dari APBDes serta 4.679 KK penerima PKH menerima Rp 800 ribu, subsidi dari APBD Bintan.

Namun, dalam perjalanannya permasalahan-permasalahan bermunculan. Mulai dari masalah teknis di desa hingga pencairan uang di bank. Sehingga menyebabkan beberapa desa di Bintan ada yang sudah dan belum menerima BLT tersebut. (Btn)

Editor : Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here