TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – – Sebanyak 65 personel Kantor SAR Kelas A Tanjungpinang, dinyatakan Non Reaktif COVID-19 setelah mengikuti rapid test yang diadakan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang dan Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (20/5).

“Personel yang mengikuti berjumlah 65 orang terdiri dari Staf Kantor SAR Tanjungpinang, Rescuer dan ABK Kapal dengan hasil kesimpulan seluruhnya Non Reaktif COVID-19,” kata Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Mu’min.

Mu’mim menyebut, rapid test dilakukan sebagai pemeriksaan awal atau pemeriksaan cepat untuk mendiagnosa ada tidaknya infeksi COVID-19 terhadap anggota SAR Tanjungpinang.

“Tes ini kami prioritaskan pada petugas lapangan, yang sering melakukan operasi pencarian dan penyelamatan di lapangan,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya rapid test COVID-19 diharapkan Kantor SAR Tanjungpinang dapat mengetahui kondisi dari masing-masing personelnya, sehingga apabila menemukan indikasi terpapar COVID-19 bisa segera dilakukan tindakan penanganan, termasuk dirujuk ke rumah sakit untuk tes PCR.

“Tujuannya tak lain adalah untuk meminimalisir terjadinya penularan COVID-19. Dengan deteksi dini diharapkan bisa memberikan gambaran akan kesehatan masing-masing personel serta memberikan rasa aman dalam bekerja,” imbuhnya.

Dalam rapid test COVID-19, para personel Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang diperiksa dahulu suhu tubuhnya dan diambil sampel darah untuk diteteskan pada cairan reagen yaitu cairan antibodi untuk mengetahui apakah tubuh mengandung infeksi virus atau tidak.

Lebih lanjut, kendati seluruh personel tersebut Non Reaktif COVID-19, bukan berarti mereka aman sehingga selalu diingatkan untuk mematuhi aturan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, seperti menggunakan masker, menerapkan physical distancing, sering mencuci tangan dengan sabun, selalu jaga kesehatan dan jaga jarak.
(Mn)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here