ANAMBAS,SIJORITODAY.com – Jaringan telekomunikasi yang berada di ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas pada Kamis (28/5) tiba-tiba hilang dan tidak bisa diakses oleh hampir seluruh masyarakat Tarempa, Kamis (28/5/2020).

Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Teknologi Anambas Jeprizal membenarkan bahwa saat ini jaringan telekomunikasi sedang mengalami gangguan yang di akibatkan oleh padamnya PLN secara mendadak.

Akibat padamnya listrik, perangkat Telkom atau Modul yang berada di kantor Telkom Tarempa yang terhubung ke jaringan 4G Telkomsel, layanan Indihome Telkom pun ikut mengalami gangguan atau tidak berfungsi.

“Akibat padamnya PLN Anambas secara mendadak, jadi modul atau perangkat 4G LTE Telkomsel jadi rusak,” kata Jefrizal.

Jefrizal mengatakan, hasil dari konsultasi bersama Telkom dan Telkomsel wilayah Kepri di Batam pihaknya akan segera mengirimkan dan mengganti perangkat yang rusak ke Anambas dari Tanjungpinang. Rencananya, akan menggunakan kapal Sabuk Nusantara 83 pada 29 Mei 2020 dari pelabuhan Tanjungpinang.

Mengingat sulitnya transportasi menuju Anambas, pihaknya juga meminta kepada pihak Perusahaan Medco E&P melalui Humas Medco E&P untuk memberikan dan membantu pengiriman alat atau perangkat pengganti yang rusak pasca padamnya listrik menggunakan pesawat milik Medco E&P yang satu-satunya masih beroperasi ke Anambas.

”Mudah-mudahan alat atau modul yang rusak segera dan secepatnya sampai di Anambas, sehingga akses telekomunikasi 4G Telkomsel dan Indihome Telkom di Siantan dan Palmatak Kembali normal seperti sediakala,” ucapnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here