TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – Presiden Joko Widodo mengintruksikan untuk membuka kembali sektor pariwisata di tengah pandemi virus corona Covid-19 yang masih berlangsung dengan resiko tinggi.

Walupun pariwisata akan dibuka dalam fase new normal nanti, namun Jokowi meminta ada protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau akan melakukan penerapan New Normal dalam sektor pariwisata dengan membuka dua sektor pariwisata di Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar mengatakan membuka hanya dua sektor pariwisata di Bintan dan Batam.

“Sebagai penerapan New Normal sektor Pariwisata, Kita akan membuka dua sektor pariwisata di Kepri, di Lagoi, Bintan dan di Nongsa, Batam,” katanya melalui telepon seluler, Senin (01/06).

Buralimar menjelaskan tidak tertutup kemungkinan sektor pariwisata yang ingin membuka kembali selain kedua yang diterapkan, menurutnya mesti perlu menanyakan terlebih dahulu kepada Kepala Daerah pada masing-masing daerah yang ingin membuka sektor pariwisata dan memiliki komitmen untuk melakukan protokol kesehatan.

“Jika sektor pariwisata lain ingin membuka, perlu tanyakan terlebih dahulu kepada Kepala Daerahnya, buat surat komitmen awal untuk melakukan protokol kesehatan,” ujarnya.

Buralimar mengingatkan bahwa Pemerintah Provinsi hanya memfasilitasi dan mengawasi pada sektor pariwisata yang akan dibuka untuk mendatangkan wisman yang akan berkunjung.

Penulis : Ilham
Editor: Taufik. K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here