Foto : ilustrasi (net)

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Pengumuman kelulusan siswa setingkat sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Bintan sudah dilakukan Jum’at (5/6) malam kemarin.

Hasilnya, dari total keseluruhan siswa kelas 9 yang berjumlah 2.712 orang, empat orang diantaranya dinyatakan tidak lulus.

Data yang dihimpun, tiga orang siswa yang tak lulus berasal dari SMPN 13 Bintan di Tanjunguban dan seorang siswa lainnya berasal dari SMPN 16 Bintan di Seri Koala Lobam.

Kepala Sekolah SMPN 13 Bintan Sutrisno menyampaikan, tiga siswanya yang tidak lulus disebabkan karena absensi. Menurutnya, daftar kehadiran ketiga siswa tersebut sudah diluar toleransi.

“Nilai USBN mereka bahkkan nilai semester mereka dibawah KKM hingga 4 mata pelajar dan ada yang lebih. Sehingga rapat majelis guru memutuskan agar mereka mengulang,” kata Sutrisno, Minggu (7/6).

Ia juga menambahkan, dari ketiga siswanya yang tak lulus, seorang diantaranya tak lulus karena sedang ditahan di Polsek Bintan Utara karena tindak pidana. Ia mengaku mendapatkan informasi itu dari Bhabinkamtibmas tempat tinggalnya.

Selama ini pihak sekolah sudah berusaha memperbaiki prilaku dengan memanggil orang tua bahkan home visit home (pihak sekolah kerumah). “Pembinaan sudah kita lakukan,” akunya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 16 Bintan Rita Ayuni membenarkan adanya salah seorang siswanya yang tidak lulus sekolah. Menurutnya, ada beberapa alasan yang menyebabkan siswa tersebut tidak lulus.

“Anak kami memang ada yang tak lulus karena nilai sikap dan akademiknya,” ujar dia. (Btn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here