BINTAN,SIJORITODAY.com – – Belum lama ini, pengguna aplikasi Whatapps (WA) diresahkan dengan ulah para hacker yang meretas nomor WA untuk digunakan menipu para pengguna aplikasi WA.

Bahkan, keluarga polisi nyaris jadi korban penipuan via WA oleh para hacker.

Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Agus Hasanuddin mengatakan, beruntung keluarga polisi tersebut tanggap sehingga tidak sempat mengirim uang permintaan penipu tersebut.

Modus yang dilakukan para penipu ketika berhasil menghack nomor WA kita ialah dengan berpura-pura meminjam uang.

“Tapi untungnya belum ada kerugian karena langsung di chat dengan nomor WA lainnya ke teman-temannya dan secepatnya dikeluarkan dari grup–group WA,” kata Agus, Minggu (14/6).

Para hacker biasanya mengincar nomor-nomor WA yang tidak dilindungi sistem keamanan tambahan pada aplikasi tersebut.

Agus menyarankan kepada masyarakat untuk mengaktifkan sistem keamanan tambahan pada nomor WA agar tidak mudah diretas hacker.

Ia pun membagikan cara mudah agar nomor WA kita tetap aman. Buka aplikasi WA lalu klik tombol setelah WA dan pilih serta klik menu akun dan setelah itu, pilih menu verifikasi dua langkah.

Agus menambahkan, masukkan nomor pin rahasia serta email untuk pembaharuan jika suatu saat kita lupa pin. Setelah itu, verifikasi pin dan email kita.

“Dan ingat, jangan pernah menyetujui konfirmasi pergantian nomor WA jika kita tidak melakukannya,” sarannya.

Terakhir, Agus menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kejahatan dunia digital di sosial media. Jangan mudah percaya dan sebaiknya melakukan verifikasi jika ada nomor WA yang menggunakan nama-nama pejabat, saudara atau aparat penegak hukum yang meminta sejumlah uang. (Btn)

Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here