KARIMUN, SIJORITODAY.com– Satuan Polisi Air Polres Karimun, Provinsi Kepulauan Riau berhasil mengamankan tersangka berikut barang bukti rokok tanpa dokumen merk H Mild sebanyak 24.000 bungkus yang dikemas dalam 30 box serta sarana pengangkut berupa kapal boat pancung pada hari Sabtu 4 Juli 2020 sekira pukul 03.00 Wib di perairan Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, pada posisi koordinat, 0°29’58.2″N 103°37’21.7″E.

Hal ini disampaikan Wakapolres Karimun Kompol Krisna Ramadhani didampingi Kasat Polair Iptu Binsar Samosir, SH, MH dan juga dihadiri pihak Bea Cukai dalam siaran pers melalui Humas Polres Karimun, Senin ( 6/7/2020 ), petang.

Wakapolres Karimun menjelaskan, pada hari jumat tanggal 3 Juli 2020 sekira jam 20.00 Wib, Kasat Polairud mendapat informasi akan ada kapal dari Batam menuju Sei Guntung Tembilahan, Provinsi Riau membawa rokok tanpa dilengkapi dokumen. Kemudian, Kasat Polairud Polres Karimun memerintahkan unit Patroli KP XXXI-30 2001 dan Unit Gakkum untuk melakukan penangkapan dengan cara melakukan penyekatan.

Setelah dilakukan penyelidikan ditemukan boat pancung tanpa nama tetsebut.

” Lalu dilakukan pengejaran kearah kapal boat pancung tanpa nama tersebut dan ditemukan palka kapal dalam keadaan tertutup kembes, lalu oleh petugas dilakukan pengecekan dan ditemukan kotak kotak yang isinya barang berupa rokok diduga tanpa dilengkapi dokumen berasal dari Batam yang akan dibawa ke Sei Guntung Tembilahan “, papar Kompol Krisna menceritakan kronologis.

Setelah mengetahui hal tersebut, sambung Krisna mengatakan, Kanit Gakkum bersama anggota membawa dan mengawal kapal beserta ABK kapal menuju Pos Polairud Polres Karimun dan dilakukan koordinasi kepada Bea dan Cukai pelayanan Tanjung Balai Karimun.

Dalam kasus ini, dua orang tersangka berinisial S dan As berhasil diamankan dan satu pelaku berinisial A sebagai DPO

Pasal yang diterapkan pasal 54 Jo pasal 56 UU No. 39 Thn 2007 tentang Cukai, pungkas Wakapolres Karimun.

Penulis: Sunar
Editor: Taufik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here