PEKANBARU, SIJORITODAY.com–¬†Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, hewan kurban seperti sapi didatangkan dari luar daerah Provinsi Riau.

Hal itu disebabkan hasil ternak sapi di Provinsi Riau jauh dari jumlah yang dibutuhkan.

Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Riau, Rahmat Setiawan saat ditemui menyebut dari data kebutuhan sapi kurban Kab/kota se Riau dibutuhkan 22 ribu sampai 24 ribu sapi kurban.

“Sementara ketersedian produksi sapi di Riau hanya sekitar 9% dari total yang dibutuhkan tersebut. Untuk itu harus didatangkan sapi dari luar daerah , seperti NTB, NTT dan daerah tetangga dipulau Sumatra dengan memperhatikan kesehatan sapi sapi tersebut,” ujar Rahmat Setiawan.

Masih kata Rahmat, mengingat hari raya Idhul Adha tahun ini masih dalam situasi upaya pencegahan Covid-19, hendaknya pelaksanaan penyembelihan sapi kurban nantinya tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kita berharap penyelenggara atau panitia qurban nantinya benar benar memperhatikan protokol kesehatan, mulai dari proses penyembelihan sapinya sampai kepada pembagian daging sapi qurban tersebut kepada warga. Jarak fisik kita dan waktu penyelenggaannya harus diperhatikan betul untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Penulis: Superleni
Editor: Taufik. K

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here