NATUNA, SIJORITODAY.com – – Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal menyambut sekaligus meresmikan Pelayaran Perdana Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01 di Pelabuhan Roro Penagi, Juma’t (17/7/2020) pagi.

Turut hadir dalam penyambutan kedatangan kapal ini, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Forum Koordinasi Perangkat Daerah (FKPD), Anggota DPRD Natuna, Tokoh Agama dan Masyarakat.

Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam kata sambutan menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tinggi nya kepada Pt ASDP Ferry Indonesia Cabang Batam yang telah mengantarkan Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01 di Natuna.

“Kehadiran kapal ini yang memulai melayani pelayaran di Kabupaten Natuna tentu sangat di nanti-nantikan oleh masyarakat Natuna, karena Kabupaten Natuna merupakan wilayah kepulauan yang memiliki 99% laut. Oleh karna itu saya berharap kapal ini mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir khususnya di wilayah Natuna ini,” ucapnya.

Hamid juga menyampaikan, dengan adanya pelayaran kapal ini, prekonomian masyarakat tentu meningkat dan parawisata yang akan berkujung ke Natuna untuk menikmati laut Natuna juga akan meningkat.

“Maka dari itu, mari bersama-sama kita menjaga aset negara ini dengan baik,” ucapnya.

Sementara itu, GM PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Arifuddin menyampaikan, kehadiran kapal Roro KMP. Bahtera Nusantara 01 ini, dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian di Provinsi Kepri khususnya Daerah Kepulauan. Selain itu kapal ini juga memiliki kapasistas 378 penumpang dan mampu mengangkut 38 kendaraan campuran serta dilengkapi dengan fasilitas VIP 3 kamar tidur dengan full ac.

“Kapal ini merupakan aset Negara yang di buat oleh Kementerian Perhubungan yang di amanatkan kepada ASDP sebagai Operator. Kapal ini dibangun pada tahun 2018 lalu dan selesai pada tahun 2019 akhir, dikarena kan pandemi covid-19 akhirnya sekarang baru beroperasi,” ucapnya.

“Kami juga berharap kepada para penumpang, untuk selalu menjaga kebersihan serta tidak mencoret-coret kapal, tidak membuang sampah sembarangan baik di kapal maupun di laut serta tidak membawa barang-barang berbahya seperti Narkoba, sajam dan miras,” tambahnya.

Waktu yang sama, Perwakilan Balai Pengelola Tranportasi Darat (BPTD) wilayah Provinsi Riau/Kepri Kemnhub Riskan, mengatakan KMP Bahtera Nusantara 01 ini perdua minggu sekali akan melayani pelayaran ke Natuna.

“Disamping KMP Bahtera Nusantara 01, tahun ini juga di bangun kapal khusus lintasan Tanjung Uban, Matak, Natuna, Serasan dan Sintete, insyaallah akan selesai pada tahun 2021 dan mulai beroperasi tahun 2022 sehingga akan memperendek pelayanan menjadi 1 minggu sekali,” tutupnya.(Iwan)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here