Kepala Disdukcapil Bintan Ismail

BINTAN,SIJORITODAY.com – – Kini layanan adminduk bisa dilakukan secara online melalui Whatapps (WA). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bintan menerapkan sistem ini untuk mempermudah masyarakat sekaligus mengurangi resiko penularan COVID-19 disituasi pandemi saat ini.

“Kita coba buka layanan melalui aplikasi Whatsapps, ini kita harapkan bisa memudahkan masyarakat,” ujar Ismail selaku Kepala Disdukcapil Bintan, Rabu (5/8).

Disdukcapil Bintan menyiapkan nomor berbeda untuk tiap layanan administrasi kependudukan. Tujuannya agar memudahkan petugas dalam memproses berkas yang masuk.

Untuk layanan pengurusan akta kelahiran nomor WA yang bisa digunakan yakni 081364140180 sedangkan nomor untuk pelayanan E-KTP bisa menghubungi nomor WA 085264066040.

Sedangkan layanan akta kematian dan pengesahan anak, masyarakat kata Ismail bisa menghubungi nomor 082268161377 dan pengurusan Kartu Keluarga (KK) bisa menghubungi nomor 085835415660.

“Silakan masyarakat pilih nomor yang sesuai untuk layanan yang dibutuhkan. Kelengkapan berkas bisa dikirim saat pengajuan tersebut,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan pemerintah harus mengadaptasi layanan administrasi ke sistem online yang sangat dibutuhkan saat sekarang. Dengan harapan, apa yang dilakukan dapat lebih maksimal membantu masyarakat.

Dirinya sebagai kepala daerah berjanji akan melakukan pengawasan terhadap layanan adminduk secara online dengan melakukan monitoring pelayanan publik guna memastikan pelayanan tetap berjalan meskipun ditengah pandemi COVID-19.

“Nanti kita akan monitoring kegiatan yang intinya meskipun dibatasi waktu dan layanan, kemudian layanan dirubah menjadi online, pada intinya layanan publik harus tetap jalan,” katanya. (Btn)

Editor : Redaksi

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here