ANAMBAS,SIJORITODAY.com – Aspek pendidikan terus menjadi perhatian Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P) dan Premier Oil Indonesia  (POI) bersama SKK Migas Sumbagut di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Kepulauan Riau. Kedua Perusahaan tersebut menyelenggarakan program pendidikan yang kreatif, inovatif dan partisipatif untuk meningkatkan mutu pendidikan mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga menengah.

Misalnya, Medco E&P pada pengembangan Sekolah Peduli Lingkungan Adiwiyata yang dinisiasi sejak 2016, telah membangun kepedulian terhadap lingkungan.  Sekolah ini menjadi pelopor inovasi konservasi lingkungan hidup. Medco E&P bersama Yayasan De Tarra juga kembali mendukung kemajuan pendidikan di Anambas dengan mendorong kreativitas dalam menghadapi tantangan COVID-19 melalui Pendampingan Jarak Jauh (PJJ) dan  penyelenggaraan webinar : Pelatihan Pembuatan Film Dokumenter menggunakan Smartphone dan Pelatihan Menulis Esai pada Oktober 2020. Kondisi Pandemi ini tidak mempengaruhi semangat guru dan siswa untuk berkreasi dan belajar di kegiatan ini.

Program ini didukung Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan, Pemuda & Olah Raga. Siswa dan guru diajak menjadi duta lingkungan melalui penyebaran informasi, ide dan gagasan. Mereka diajarkan untuk membuat film dokumenter. Selain itu juga diberikan strategi dan teknis penyebaran informasi lewat media sosial. Pelatihan dilakukan sebanyak dua kali dengan peserta sebanyak 36 siswa serta 18 guru pendamping dari SMP – SMA. “Harapannya melalui program ini, generasi muda memiliki pengetahuan teknik membuat film dokumenter serta mengajak generasi muda untuk berkampanye lingkungan secara bijak melalui media sosial,” ujar VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi.

Wahyu Hidayat, siswa SMAN 01 Palmatak mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam mengasah potensi diri. Sementara, Nazwa Islami Fasha, siswi SMPN 04 Putik, mengaku mendapat banyak pelajaran di pelatihan ini. “Awalnya saya hanya hadir sebagai penonton film. Ternyata, untuk membuat suatu film dokumenter tidak mudah,” ujarnya.

Seluruh siswa pelatihan akan meramaikan Kompetisi Film Dokumenter Lingkungan Anambas yang diadakan sejak 16 Oktober. Hasil karya siswa akan disebarkan lewat media sosial. Puncak kompetisi ini adalah showcase hasil karya siswa di acara Festival Film Dokumenter Lingkungan Anambas.

Kembangkan PAUD

Sementara itu, POI fokus pada pendidikan anak usia dini (PAUD). POI percaya masa depan bangsa sangat bergantung dari pembinaan generasi sejak dini. Untuk itu, POI bersama masyarakat menggagas pendirian PAUD. Masyarakat menyambut baik dengan menghibahkan lahan sekitar 5.000 m2 untuk lokasi sekolah Taman Kanak Kanak pertama yang dibangun pada 1999 di Desa Payalaman, Kute Siantan. Secara terus menerus POI membangun gedung TK. Terakhir pada tahun 2019 dibangun PAUD Harapan Bunda di Desa Tiangau, Siantan Selatan. Saat ini, sudah delapan gedung TK/PAUD dibangun di KKA.

Tidak hanya membangun, POI juga memfasilitasi ruang kelas, guru, pustaka, meubelir, taman bermain, perangkat pendukung, dan buku bacaan. Khusus untuk TK Anoa di Desa Payalaman, Kute Siantan dibangunkan aula pertemuan. Secara rutin setiap tiga tahun sekali, seluruh gedung TK mendapatkan perawatan. Saat ini, sekitar 318 siswa menikmati pendidikan, dibimbing 54 guru.  Berdasarkan data sejak 1999 – 2020, sudah 3.000 anak selesai menempuh pendidikan TK di sana dan lulusan TK pertama POI sudah berkiprah di dunia kerja. “Kami melakukan ini untuk mendorong perubahan positif di masyarakat dengan memberikan fasilitas pendidikan memadai. Kami yakin, pendidikan usia dini sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak,” ujar Goverment Affairs Senior Manager POI Buyung Heru Satria.

Selain itu, Perusahaan juga telah membantu beasiswa 31 guru TK untuk pendidikan S1 dan secara berkala melakukan pendampingan dan pelatihan kurikulum, teknik mengajar, studi banding di Jakarta. Dengan program ini, TK di KKA banyak mendapatkan penghargaan tingkat daerah dan provinsi.  (***)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here