TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Dapat dikatakan, dampak pendemi berpengaruh pada segala sektor, termasuk sektor pariwisata. Sebagai langkah awal pemulihan pariwisata, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Tanjungpinang melakukan kunjungan dengan Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP di rumah dinas Walikota, Sabtu (13/3).

Kunjungan ini sekaligus meminta kesediaan Walikota untuk hadir pada acara pengukuhan dan penyelenggaraan musyawarah cabang (muscab) tanggal 20 Maret mendatang. Kepala DPC HPI Cabang Tanjungpinang R. Farul menjelaska bahwa HPI Tanjungpinang saat ini beranggotakan 108 orang.

“HPI akan bersinergi dengan pemerintah untuk kemajuan sektor wisata. Kami membawa misi akan menyampaikan kepada wisatawan bahwa Tanjungpinang aman dan memiliki potensi wisata yang beragam”, ujarnya.

Selain itu, HPI ingin dapat membantu mengelola destinasi wisata kota Tanjungpinang yang menjadi daya tarik wisatawan. “HPI bersama Pokdarwis kota Tanjungpinang bersama mengoptimalkan potensi wisata yang ada, seperti membuat paket wisata bahari kanoing (berkano), dan paket wisata berlayar yang memanfaatkan kapal wisata.”, jelasnya.

Ditambahkan Kegiatan wisata ini akan dikelola dengan berbasis masyarakat melalui lembaga ekonomi koperasi HPI dan Pokdarwis.

Rahma dalam kesempatan itu menyambut baik atas semangat dan dukungan yang diberikan kepada pemerintah untuk bersama memajukan pariwisata Kota Tanjungpinang. “Salah satu upaya Pemerintah mempromosikan objek wisata pulau Penyengat, Saya beserta jajaran direncanakan akan menginap di penyengat satu malam di homestay yang ada disana”, ucap Rahma.

Rahma yakin dengan dimulai oleh jajarannya terlebih dahulu, maka selanjutnya akan diikuti oleh yang lainnya maupun para wisatawan. “Ini sabagai langkah untuk mendukung dan mempromosikan wisata pulau Penyengat, juga sekaligus meningkatkan sektor ekonomi UMKM disana”, jelas Rahma.

Rahma juga mendukung wisata bahari yang disampaikan, yaitu wisata kayak kano dan wisata berlayar. Menurutnya ini akan menjadi daya tarik pengunjung untuk berwisata.

Terkahir, Rahma mengajak HPI bersama menggali, mengolah, dan memberikan ide serta kontribusi untuk menciptakan dan membenahi objek wisata yang ada. “Kita perbaiki fasilitas wisata yang sudah ada untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kota Tanjungpinang, tutupnya.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Bapelitbang Surjadi, MT, Kabag Prokompim Setdako Tanjungpinang Elvi Arianti, S.Pt, M.Si. (hum)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here