BATAM,SIJORITODAY.com – Jumat Agung, hari penyaliban dan kematian Yesus Kristus diperingati seluruh umat Kristen di dunia termasuk jemaat Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) jemaat Zebulon Batam, Jumat (2/4/2020).

Ratusan jemaat berbondong-bondong ke gereja yang terletak di Tiban V Sekupang Batam untuk menggelar ibadah Jumat Agung sekaligus melaksanakan ritual perjamuan kudus khusus untuk warga sidi gereja.

Penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diperketat mulai dari jaga jarak, memakai masker, pengecekan suhu tubuh serta larangan bersalaman. Sejumlah sarana cuci tangan, hingga handsanitizer disediakan panitia.

Selain protokol kesehatan, aparat keamanan dan TNI/Polri juga disiagakan dan memeriksa dengan cermat barang bawaan jemaat yang hendak beribadah di pintu masuk gereja.

Pengamanan juga dilakukan berlapis mulai dari pagar masuk ke area gereja oleh sejumlah pemuda bahkan ormas. Rata-rata jemaat yang hadir mengenakan baju hitam sebagai simbol peringatan kematian Yesus di salib.

Ibadah Jumat Agung dipimpin Ketua Majelis Jemaat GPIB Zebulon Batam Pendeta Meiske Meiske Kolanus Paransi mulai pukul 09.00 WIB.

Ibadah berlangsung khusyuk dan hikmat dibawa sorotan pembacaan Alkitab injil Matius 27:32 – 44 yang menceritakan tentang penyaliban Yesus di bukit Golgota.

Dalam khotbahnya, pendeta Meiske meminta jemaat untuk menghayati kasih Yesus kepada manusia karena rela mati dalam kondisi tidak seharusnya melalui jalan kesengsaraan (via dolorosa).

“Yesus mau menempuh jalan via dolorosa maka lewat kesengsaraan Yesus ini manusia telah diampuni dan diselamatkan. Jadi haruslah hidup sebagai orang yang sudah diselamatkan yaitu orang yang sudah bertobat dari dosanya,” ujar pendeta Meiske.

Ia juga meminta para jemaat untuk bertobat dalam keadaan dipaksa atau terpaksa. “Jangan sampai rumah tangga sudah hancur, diri sendiri juga hancur baru bertobat. Karena ini artinya bertobat karena terpaksa jadi bertobatlah dengan kerinduan yang datang dari hati,” pungkasnya.

Setelah ibadah peringatan Jumat Agung ini menurut ketua panitia Paskah dan Natal GPIB Zebulon Batam 2021 Ivan Sianipar, jemaat selanjutnya akan merayakan hari raya Paskah pada Minggu, 4 April 2021 melalui ibadah Paskah di area gereja.***

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here