DOMPAK,SIJORITODAY.com – Ketua Fraksi PDI P DPRD Provinsi Kepri Lis Darmansyah mengkritisi ketidakhadiran sejumlah Kepala OPD pada sidang paripurna dengan agenda mendengar jawaban pemprov terhadap Ranperda Perseroda BUP PT Pelabuhan Kepri dan Perseroda PT Pembangunan Kepri di Pulau Dompak, Selasa (6/4).

Lis mengaku kecewa karena OPD yang bersinggungan langsung dengan Ranperda tersebut tidak hadir, misalnya Kepala Biro Ekonomi Pemprov Kepri.

Dia memandang pemprov tidak serius membahas ranperda tersebut. Padahal, Ranperda ini bagian penting dalam upaya menggali sektor pendapatan asli daerah (PAD).

Kendati sudah sampai ke tahap pembahasan, katanya, bukan tidak mungkin pembahasan ranperda itu bisa dibatalkan oleh DPRD.

“Kami menolak pembahasan Ranperda Perseorda hari ini. Karena Biro Ekonomi, hanya diwakilkan Kasubag,” kata Lis.

Kendati mendapat penolakan dari fraksi PDI Perjuangan, sidang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua II DPRD Raden Hari Tjahyono dan dihadiri Sekdaprov TS. Arif Fadillah itu disepakati tetap dilanjutkan.

 

Arif Fadillah dalam sambutannya menyampaikan bahwa perubahan ranperda ini merupakan perubahan bentuk hukum dari Badan Usaha Milik Daerah menjadi Perusahaan Perseroan Daerah (Perseroda).

Untuk BUMD PT Pembangunan Kepri berubah menjadi PT Pembangunan Kepri Perseroda sedangkan untuk BUMD PT Pelabuhan Kepri menjadi PT Pelabuhan Kepri Perseroda.

“Hingga kini perubahan ranperda ini ,masih merupakan perubahan bentuk hukumnya saja,” ujar Arif.

Arif berharap kedepannya Perseroda kedua perusahaan daerah di Kepri ini mampu meningkatkan perekonomian di Provinsi Kepri.

“Kita ingin dengan perubahan bentuk hukum ini kedua Perusahaan daerah tersebut dapat lebih terkelola dengan baik dan fokus dalam peningkatan perekonomian daerah,” jelasnya.

Arif mengharapkan kedua perusahaan perseroda ini dapat lebih menggali potensi yang di miliki Kepri. 
Seperti, untuk PT Pembangunan Kepri Perseroda diharapkan mampu mengelola Sumber Daya Alam yang ada di Kepri seperti ikut serta dalam pengelolaan Migas.

“Sedangkan PT Pelabuhan Kepri Perseroda diharapkan mampu menggali potensi maritim dan kelautan Kepri,” tegas Arif.

(Mn)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here