BEM FE UMRAH menggelar kompetisi bazaar di Kampus UMRAH Dompak, Rabu (21/6/2023). F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (DiskopUKM) Kepulauan Riau mendorong mahasiswa menjadi entrepreneur atau pengusaha muda.

Kepala DiskopUKM Kepri, Agusnawarman mengatakan, pihaknya membuka kolaborasi dengan berbagai unit kegiatan mahasiswa menggelar berbagai pameran produk UMKM.

“Kita mendorong para mahasiswa menjadi pengusaha muda, kita siap berkolaborasi dan terbuka untuk menggelar event bersama,” katanya.

Agusnawarman menuturkan, pada periode 2012-2035, Indonesia mengalami bonus demografi dengan puncaknya pada tahun 2020-2030.

Ini harus ditangkap oleh mahasiswa sebagai peluang memulai usaha, apalagi Indonesia memiliki populasi 273,8 juta, sehingga usaha sandang dan pangan cukup menggiurkan.

“Mahasiswa dan pelaku UMKM harus melihat ini sebagai peluang, tidak ada waktu berleha-leha lagi. Jangan sampai pasar kita yang besar ini justru diambil asing,” tuturnya.

Agusnawarman menerangkan, saat ini Pemprov Kepri fokus mengembangkan UMKM dengan program bantuan modal bunga nol persen.

Setakat ini, sebanyak 922 pelaku UMKM telah memanfaatkan bantuan modal dengan plafon dari Bank Riau Kepri hampir Rp17 miliar.

Selain itu, Pemprov Kepri juga menyediakan tenaga fasilitator dan pendamping untuk membantu pelaku UMKM mendaftarkan hak merek ke DJKI Kemenkumham.

Pelaku UMKM dapat menghubungi tenaga fasilitator dan pendamping itu di 0851-7442-1551 atau media sosial Instagram @DKUKMKepri.

“Silahkan manfaatkan semua bantuan yang sudah disediakan pemerintah,” ujarnya.

Agusnawarman menambahkan, ia sangat mendukung penuh kegiatan bazaar UMKM yang ditaja BEM Fakultas Ekonomi UMRAH Tanjungpinang.

Bazaar merupakan ajang pameran untuk mempromosikan produk UMKM. Ia berharap kegiatan bazaar dapat dilaksanakan secara rutin.

“Mahasiswa harus perbanyak pameran untuk mempromosikan produk UMKM agar produknya semakin diketahui banyak orang,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua BEM FE UMRAH, Teddy Prayoga Pengestu mengapresiasi DiskopUKM Kepri yang memfasilitasi kompetisi bazaar di Kampus UMRAH Dompak.

Ia menuturkan, kompetisi bazaar meningkatkan minat mahasiswa untuk berwirausaha.

Selain itu, produk UMKM diharapkan semakin berinovasi dan berhasil menembus pasar lokal hingga ke luar daerah.

“Harapan kami teman-teman mahasiswa, siswa dan pelaku UMKM dapat berinovasi dan bisa ekspansi bisnis ke luar daerah,” tuturnya.

Teddy menerangkan, BEM FE terus berupaya meningkatkan minat berwirausaha bagi mahasiswa dengan menyediakan pojok KWU.

Pojok KWU ini berbentuk kantin yang menerima produk semua mahasiswa.

“Kita membantu teman-teman UMKM, harus sejak dini siswa dan mahasiswa itu memulai berwirausaha,” terangnya.

Teddy menambahkan, pihaknya akan menyediakan dana pembinaan bagi pemenang kompetisi bazaar.

Selain itu, pihaknya juga akan memfasilitasi para pemenang dalam mengurus legalitas usaha agar semakin mudah menembus pasar.

“Kami akan bantu pengurusan legalitas mereka agar mudah menembus toko ataupun supermarket,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here