Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepulauan Riau, Said Sudrajad usai menghadiri sosialisasi alat tangkap dan pengelolaan ikan di Lingga, Minggu (25/6/2023). F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

LINGGA,SIJORITODAY.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepulauan Riau melaksanakan sosialisasi alat tangkap dan pengelolaan ikan di Kabupaten Lingga, Minggu (25/6/2023).

Kepala DKP Kepri, Said Sudrajad mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk menghindari konflik antar nelayan, apalagi Permen KP 18 Tahun 2021 memang ditujukan untuk nelayan tradisional.

Selain meminimalisir konflik, sosialisasi juga untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan di masa depan dengan menggunakan alat tangkap yang tepat.

DKP Kepri terus berkomitmen mendorong penggunaan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Kita kan ada alat-alat menangkap ikan di laut yang ramah lingkungan yang bisa kita pakai untuk kelestarian ikan,” katanya.

Said menuturkan, DKP Kepri juga mendorong kegiatan budidaya perikanan yang belakangan ini semakin diminati oleh masyarakat.

“Bukan hanya perikanan tangkap, kita juga mendorong perikanan budidaya. Sudah ada beberapa desa yang menerapkannya,” tuturnya.

Budidaya perikanan ini harus disertai dengan kemampuan untuk membuat olahan agar nilai jual ikan semakin meningkat.

“Kita mendorong pengolahan perikanan agar produk perikanan bernilai tinggi,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here