Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Riau, Darwin saat ditemui di Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Rabu (6/9/2023). F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan melanjutkan program listrik menjangkau seluruh pulau berpenghuni di tahun mendatang.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kepri, Darwin mengatakan, pihaknya telah mengganggarkan Rp40 miliar di APBD 2024 guna menuntaskan program itu.

Menurutnya, dari 397 pulau berpenghuni di Kepri, masih terdapat 81 pulau yang belum menikmati listrik.

“Rata-rata pulau yang belum ada listrik itu penduduknya sedikit, di bawah 50 kepala keluarga,” katanya, Rabu (6/9/2023).

Darwin menjelaskan, untuk jika pulau itu berjarak di bawah 100 meter dari pulau yang sudah teraliri listrik, maka PLN tinggal menarik kabel menggunakan tower.

Sebaliknya, bila jaraknya di atas 100 meter, akan tiap-tiap rumah warga akan dibantu penyediaan solar home system untuk mendapatkan aliran listrik.

“Ada sekitar sembilan pulau belum berlistrik di Kota Batam, yang akan kita intervensi,” terangnya.

Darwin menuturkan, Dinas ESDM akan membeli mesin pembangkit di tahun 2024 untuk mendukung proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) PLN komunal untuk pulau berpenghuni di Kota Batam, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Karimun.

Pada APBD Perubahan 2023, juga sudah dianggarkan untuk pengadaan mesin pembangkit untuk penerangan listrik di Pulau Karas, Kota Batam.

“Masih ada tujuh subsistem PLN menyala tujuh jam. Lalu, sembilan subsistem menyala 14 jam,” tuturnya.

Darwin menambahkan, dari seluruh kabupaten/kota, baru Kabupaten Natuna dan Anambas yang cakupan listrik desa/pulau sudah 100 persen.

Sementara beberapa kabupaten/kota lain memang masih menyisakan sedikit lagi persoalan listrik.

Kendati demikian Pemprov Kepri optimis seluruh pulau berpenghuni di daerah itu secara bertahap bakal menikmati penerangan listrik.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here