Gubernur Kepri, Ansar Ahmad dalam audiensi bersama Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono di Jakarta, Selasa (25/10/2023) lalu. F:Sijoritoday.com/Diskominfo Kepri

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI akan membangun kampung nelayan modern di Kabupaten Natuna dan Anambas pada tahun mendatang.

Menteri KKP RI, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, kampung nelayan akan terintegrasi dan sejalan dengan kebijakan Penangkapan Ikan Terukur Berbasis Kuota (PIT).

“Nah ini kampungnya akan kami bangun. Ada dermaga, ada docking kapal, ada cold storage, ada pabrik es, ada pasar ikan, kalau perlu kapalnya kami bantu,” katanya, Selasa (25/10/2023).

Kendati demikian, pembangunan kampung nelayan modern mensyaratkan 70 persen penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Selain itu, Sakti juga menyambut baik usulan Gubernur Ansar Ahmad soal peningkatan dana bagi hasil ke Kepri.

“Perjuangan untuk kepentingan daerah itu bagi kami wajib untuk diperjuangkan dan ditindaklanjuti apalagi yang manfaatnya langsung bagi masyarakat,” ujar Menteri KKP.

Terkait implementasi pengelolaan sedimentasi laut, Sakti menuturkan masih terkendala Permendag yang membebani 15 persen terhadap pengusaha yang melakukan pengelolaan sedimen laut.

“Sehingga nantinya saya berharap kita bisa berdiskusi dengan Menteri Keuangan agar bisa ada solusi terbaik untuk kita semua,” tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur Ansar Ahmad membahas tentang skema peningkatan pendapatan provinsi Kepri dari Dana Bagi Hasil (DBH) Pemungutan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) izin Pemanfaatan Pasir Laut (IPPL) dan penerbitan Kesesuaian Ruang Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (PKKPRL).

Menurut Ansar, skema pendapatan dari sumber hibah pelaku usaha IPPL perolehan hibah dari pelaku usaha dapat diberlakukan sesuai PP 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Dibutuhkan peran Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam mendukung pendapatan daerah dengan komitmen pelaku usaha untuk memberikan hibah dengan tujuan kebutuhan pembangunan Kepri sebagai lokasi eksplorasi,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here