Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan saat mengunjungi sejumlah lokasi Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Jumat (3/11/2023). F:Sijoritoday.com/Diskominfo TPI

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan mengunjungi sejumlah lokasi Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) binaan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Tanjungpinang, Jumat (3/11/2023).

Ini merupakan salah satu upaya Pemko Tanjungpinang memastikan ketahanan pangan yang sudah menjadi perhatian kepala daerah sesuai amanat Presiden.

Hasan mengatakan, dengan pembinaan dan pendampingan kepada kelompok tani merupakan sebuah gagasan untuk mendukung peningkatan komoditi pangan.

“Kota Tanjungpinang mempunyai potensi dengan memberdayakan kelompok-kelompok tani yang selama ini menjadi tameng pangan di Kota Tanjungpinang,” katanya.

“Dengan upaya yang telah dilakukan melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, kita lakukan pemantauan agar dapat mengetahui kondisi dan kendala di lapangan,” sambungnya.

Sebagai bentuk dukungan, Pemko Tanjungpinang ikut membantu kelompok tani melalui bantuan pupuk, bibit, dan sarana prasarana lain, baik melalui APBD juga pemanfaatan Dana Insentif Daerah.

“Mudah-mudahan kelompok tani terbantu dengan bantuan-bantuan tersebut untuk mendukung hasil tani. Karena kita ketahui Tanjungpinang bukan daerah penghasil melainkan daerah komoditi yang di datangkan tetapi dengan upaya ini merupakan usaha turut menjaga ketahanan pangan di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Hasan juga mengungkapkan rasa bangga kepada kelompok-kelompok tani atas semangat dan kekompakan untuk maju.

“Melihat hasil pertanian yang dihasilkan, menunjukkan semangat petani kita yang serius dalam pengelolaannya, mungkin hanya kurang terekspose saja. Berdasarkan informasi dari kelompok-kelompok tani, dalam satu bedeng dapat menghasilkan 25 Kg, artinya dapat memperoleh hasil yang baik,” terangnya.

“Maka Pemerintah akan membantu dalam hal promosi dan penjualannya termasuk meminta bantuan Pemprov Kepri untuk mendapatkan bantuan sarana dan prasarana pendukung seperti mini tracktor untuk membantu pekerjaan kelompok tani,” tambahnya.

Adapun kelompok tani yang dikunjungi diantaranya Kelompok Tani Bina Sehat Sejahtera Kampung Bugis, Kelompok Wanita Tani Perkasa Kampung Bugis, Kelompok Tani Maju Sejati Kelurahan Air Raja, Kelompok Wanita Tani Hang Tuah Kelurahan Pinang Kencana, Kelompok Tani Maju Jaya Kelurahan Batu IX, serta Kelompok Wanita Tani Srikandi Ceria Kelurahan Batu IX.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here