Personel Polres Natuna saat mengamankan tahapan Pemilu. F:Sijoritoday.com/Evan

NATUNA,SIJORITODAY.com – Personil Polres Natuna rutin menggelar latihan Pengendalian Massa (Dalmas) demi memastikan keamanan dan kenyamanan tahapan Pemilu 2024.

Kapolres Natuna, AKBP Nanang Budi Santosa, S.I.K mengatakan, latihan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada personel kepolisian dalam mengendalikan situasi massa.

Hal ini sangat penting mengingat pelaksanaan Pemilu sering kali menimbulkan ketegangan dan potensi konflik antara pendukung dan simpatisan dari berbagai calon.

Dalam pelatihan ini, personel mendapat pembekalan dan latihan tentang taktik dan strategi pengendalian massa yang aman dan proporsional.

“Mereka akan belajar mengenai cara menghadapi situasi massa yang memanas, bagaimana mengendalikan kerumunan, serta bagaimana melakukan penangkapan dan pengamanan terhadap pelaku kejahatan atau tindakan anarkis,” katanya, Kamis (11/1/2024).

Selain itu, pelatihan ini juga akan mendalami aspek hukum dan etika dalam penanganan massa.

Personel akan diajarkan tentang hak asasi manusia, penggunaan kekuatan yang proporsional, dan bagaimana melakukan pengendalian massa tanpa melanggar hak-hak individu.

Dengan pelatihan rutin ini, personel dapat menjadi lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi selama masa kampanye dan pada hari pemungutan suara.

“Masyarakat Natuna akan merasa lebih aman dan nyaman karena adanya kehadiran aparat kepolisian yang kompeten dalam mengendalikan situasi massa yang mungkin rentan konflik,” ujarnya.

Nanang menambahkan, Polres Natuna berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama Pemilu 2024.

“Pelatihan Dalmas merupakan salah satu langkah konkret yang diambil untuk mencapai tujuan tersebut,” imbuhnya.

Penulis: Evan
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here