Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat ditemui di Kantor BPS Kepri, Jum'at (1/3/2024). F:Sijoritoday.com/ Immanuel Patar Mangaraja Aruan

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan mendatangkan komoditi cabai dari Provinsi Sulawesi Utara dan Aceh.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, kebijakan ini untuk memenuhi kebutuhan cabai di Kepri menjelang hari raya Ramadhan 1445 H.

“Cabai sudah kita bekerja sama dengan Sulawesi Utara dan Aceh untuk memenuhi kebutuhan kita dalam jangka pendek,” katanya, Jum’at (1/3/2024).

Selain itu, Pemprov Kepri juga mendapatkan dukungan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam pemberian subsidi transportasi cabai.

Nantinya bantuan ini akan digunakan untuk operasi pasar sebagai upaya stabilitas harga pangan.

“Kita juga dapat dukungan Bapanas untuk subsidi transportasi. Mudah-mudahan nanti bisa kita gunakan untuk operasi pasar,” tuturnya.

Ansar menerangkan, kenaikan harga cabai saat ini disebabkan banyak faktor seperti faktor alam dan menjelang hari raya Ramadhan 1445 H.

“Kenaikan harga terjadi di saat-saat tertentu, karena faktor alam, dan peek season,” terangnya.

Ansar mengakui, menjelang hari raya Ramadhan 1445 H, harga kebutuhan pokok seperti cabai, telur, dan minyak goreng akan mengalami kenaikan.

Pemprov Kepri bersama TPID akan terus memantau pergerakan harga pangan di pasaran.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak berbelanja secara berlebihan dan fokus beribadah di bulan suci Ramadhan.

“Kita imbau masyarakat sesuai ajaran Islam untuk menggunakan pola hidup yang sederhana. Sehingga tidak ada pembelian yang berlebihan,” imbaunya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here