drg. Wan Fajriatul, Direktur RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU,SIJORITODAY.com – Kementerian Kesehatan RI menetapkan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sebagai rumah sakit umum kelas A.

Untuk proses naik kelas RSUD Arifin Achmad Riau sudah dilakukan verifikasi sejak tahun 2023, dan hasilnya dikeluarkan 4 Maret 2024 melalui sistem OSS.

“Iya, Alhamdulillah RSUD Arifin Achmad Riau saat ini sudah naik kelas menjadi rumah sakit umum klas A. Itu berdasarkan penetapan Kemenkes yang dikeluarkan pada 4 Maret melalui sistem OSS,” kata Direktur RSUD Arifin Achmad Riau, drg Wan Fajriatul, Selasa (5/3/2024).

Wan Fajriatul menuturkan, perubahan kelas A RSUD Arifin Achmad Riau melalui beberapa tahapan yang harus dilengkapi dan dilengkapi. Sehingga hasilnya RSUD Arifin Achmad Riau bisa ditetapkan Kemenkes menjadi rumah sakit klas A.

“Sebelumnya RSUD Arifin Achmad Riau masih kelas B pendidikan utama. Artinya sekarang sudah ada peningkatan dari klas B menjadi klas A,” sebutnya.

Dengan kenaikan klas A tersebut, lanjut Wan Fajriatul, maka pihaknya berharap RSUD Arifin Achmad Riau yang selama ini menjadi pusat rujukan 12 kabupaten kota se-Riau bisa meningkatkan pelayanan lebih baik lagi.

“Kemudian tata kelola rumah sakit juga harus baik lagi, dan mutu pelayanan bisa ditinggalkan lagi, seperti yang diharapkan masyarakat bisa menjadi rumah sakit rujukan di Provinsi Riau,” ujarnya.

Sedangkan kenaikan klas A manfaatnya untuk RSUD Arifin Achmad sendiri, kata Wan Fajriatul, optimalisasi pelayanan bisa ditinggalkan dan pendapatan rumah sakit dari klaim BPJS bisa meningkat, namun itu perlu diusulkan agar pihak BPJS melakukan asesmen kembali sesuai klas A.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here