Pintu pelimpahan PLTA Koto Panjang. F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU,SIJORITODAY.com – Manajemen PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau akan melakukan pengurangan dua bukaan pintu pelimpahan pada Jumat (15/3/2024) pukul 10.00 WIB.

Pengurangan bukaan pintu waduk ini setelah sebelumnya PLTA Koto Kampar melakukan penambahan bukaan pintu waduk dari satu pintu menjadi tiga pintu.

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar mengatakan, pengurangan bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan turunnya debit air masuk dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

“Kami informasikan PLTA Koto Panjang akan melakukan penguranhan bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate), yang sebelumnya di posisi 3×50 Cm akan dikurangi bukaan pintu pelimpah sebesar 2×50 Cm,” kata Cecep, Jumat (15/3/2024).

Dengan pengurangan bukaan pintu tersebut, lanjut Cecep, maka total bukaan PLTA Koto Panjang menjadi 1×50 Cm. Maka dengan pengurangan bukaan pintu itu, perkiraan terjadi penurunan air permukaan sungai sebesar 20-25 cm dari kondisi terakhir.

“Adanya pengurangan bukaan pintu waduk, maka kondisi PLTA Koto Panjang, maka Elevasi 83.16 Mdpl, Outflow Turbine: 310.20 m3/s, Outflow Spillway 3 x 50 cm: 222.96 m3/s. Sehingga total Outflow: 533.16 m3/s dan Inflow Waduk: 308.11 m3/s,” tutupnya.

Untuk diketahui, pengurangan bukaan pintu waduk ini maka permukaan air Sungai Kampar akan turun sebesar 20-25 Cm dari kondisi terakhir.

Dengan pengurangan dua pintu waduk, maka hal ini menjadi kabar baik bagi masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar, baik itu di Kabupaten Kampar sendiri maupun di Kabupaten Pelalawan.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here