Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mengikuti rapat koordinasi khusus Karhutla 2024 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis (14/3/2024) kemarin. F:Sijoritoday.com/istimewa

JAKARTA,SIJORITODAY.com – Sembilan Gubernur mengikuti rapat koordinasi khusus Karhutla 2024 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kamis (14/3/2024) kemarin.

Mereka adalah Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Riau, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Kalimantan Selatan, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sulawesi Selatan, dan Gubernur Papua Selatan.

Rakorsus Karhutla 2024 ini dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, kemudian juga dihadiri Mendagri Tito Karnavian dan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Pada kesempatan itu, Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto menyampaikan permohonan bantuan helikopter maupun pesawat untuk penanganan Karhutla di Riau.

“Rapat tadi kita minta BNPB ada helikopter patroli satu unit dan waterboombing enam unit. Kemarin juga ada dari KLHK satu unit sudah sampai di Lanud Roesmin Nurjadin,” katanya.

Pj Gubri ini menambahkan, ada beberapa kendala yang dihadapi Riau dalam antisipasi Karhutla. Diantaranya adalah sebagian besar wilayah Riau adalah lahan gambut.

“Persoalan timbul sekarang banyak wilayah banjir dan air surut rumput banyak mati. Ini juga bisa menimbulkan potensi dan kami buat edaran kabupaten/kota untuk lebih mengantisipasi,” tambahnya.

Untuk diketahui provinsi Riau yang pertama menetapkan status siaga darurat Karhutla di Provinsi Riau hingga 30 November 2024 mendatang.

Dimana salah satu alasan penetapan status siaga Karhutla ini yakni minimnya curah hujan, hotspot terus meningkat dan banyak lahan terbakar.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here