Gedung Karimun Exhibition Convention Centre. F:Sijoritoday.com/Sunar

KARIMUN,SIJORITODAY.com – Gedung Karimun Exhibition Convention Centre (KECC) yang terletek di jalan Coastal Area Tanjung Balai Karimun tidak difungsikan karena mangkrak selama 11 tahun sejak dimulai pembangunannya 2013 silam.

Pembangunan gedung KECC tersebut menelan dana sebesar Rp15.467.150.000,- yang bersumber dari APBD Karimun tahun 2013.

Namun diawal ditahun 2024 ini, gedung KECC tersebut kembali dilakukan pengerjaan konstruksi revitalisasi gedung dan akan digunakan atau difungsikan untuk Mall Pelayanan Publik (MPP) dengan dana bersumber dari APBD Karimun tahun anggaran 2024 yakni, sebesar Rp18 miliar. Dan saat ini pengerjaaan sedang berlangsung hingga akan berakhir tahun ini.

Pengerjaan revitalisasi gedung KECC yang akan difungsikan menjadi MPP pastinya sangat didukung dan disambut oleh masyarakat Karimun.

Disisi lain, pengalihan fungsi gedung KECC menjadi MPP menuai sorotan terkait kwalitas mutu bangunan tersebut karena dinilai terlalu lama mangkrak dan berdiri ditepi pantai dengan dasar tanah timbunan.

Wakil Ketua KADIN Bidang Investasi Kabupaten Karimun, Eri Januardin mengatakan, dengan alasan keselamatan, bangunan lama tersebut seharusnya dikaji ulang dengan dilakukan audit konstruksi bangunan secara menyeluruh.

Ia meminta instansi terkait Dinas PUPR Karimun agar melakukan kaji ulang terhadao kokohnya bangunan tersebut.

“Untuk menghindari yang tidak kita inginkan bersama terkait kualitas bangunan, sebaiknya bangunan itu dilakukan audit konstruksi secara menyeluruh,” kata Eri yang juga Ketua Gapensi Karimun, Rabu (20/3/2024).

Sambungnya, jika pihak Dinas PUPR telah melakukan audit konstruksi bangunan itu, seharusnya pihaknya memaparkan secara terbuka.

“Dinas PUPR Karimun harus melakukan hal itu,” sambungnya.

Terkait hal ini, hingga berita dinaikkan, Kadis PUPR Karimun, Cahyo Prayitno belum bisa dihubungi.

Penulis: Sunar
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here