Kepala DiskopUKM Kepri, Riki Rionaldi foto bersama BPC HIPMI Kota Tanjungpinang periode 2024-2027 di Hotel CK Tanjungpinang, Sabtu (23/3/2024). F:Sijoritoday.com/istimewa

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DiskopUKM) Provinsi Kepulauan Riau, Riki Rionaldi menghadiri pelantikan Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tanjungpinang periode 2024-2027 di Hotel CK Tanjungpinang, Sabtu (23/3/2024).

Dalam momentum itu, Ade Kurniadi secara resmi dilantik sebagai Ketua BPC HIPMI Tanjungpinang yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Ketua Umum HIPMI Kepri, Sari Dwi Mulyawati.

Riki pun mengucapkan selamat dan meminta BPC HIPMI Tanjungpinang untuk segera berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah.

“Selamat atas pelantikan HIPMI Tanjungpinang dan tahniah semoga semakin sukses memimpin HIPMI Tanjungpinang kepada Ade Kurniadi dan jajaran,” katanya.

Riki menuturkan, HIPMI Tanjungpinang harus menjadi organisasi pengusaha yang solid dan dapat berkontribusi terhadap pembangunan dan peningkatan ekonomi.

HIPMI Tanjungpinang diharapkan dapat bersinergi dengan Pemda membangun sistem koperasi dan UMKM yang modern.

Dengan jaringan pengusaha yang luas, Riki meyakini HIPMI Tanjungpinang dapat mendukung program digitalisasi yang dicanangkan pemerintah.

“Saya mewakili pak Gubernur dan DiskopUKM mengajak mari kita berkolaborasi dan bersinergi dengan konkrit dan profesional membantu pemerintah dalam pembangunan ekosistem koperasi dan UMKM modern dan digital,” tuturnya.

Selain itu, Riki yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Disperindag Kepri itu juga mengajak HIPMI Tanjungpinang membangun ekosistem perekonomian di bidang pariwisata.

Menurutnya, keberadaan obyek wisata cukup sentral karena melibatkan banyak pelaku UMKM. Apalagi, ada 1,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri pada tahun 2023 dan diperkirakan akan meningkat pada tahun 2024.

“Ekosistem pariwisata yang didalamnya ada UMKM dan ekonomi kreatif yang perlu kita tingkatkan ekosistemnya,” ajaknya.

Riki mengaku optimis, kolaborasi pemerintah daerah dan pengusaha akan mampu mengurangi jumlah penduduk miskin di Kepri, khususnya Kota Tanjungpinang.

“Mari kita sama-sama membantu Pemko Tanjungpinang khususnya mengurangi angka kemiskinan dan menghilangkan kemiskinan ekstrem di Tanjungpinang,” imbuhnya.

Kepala DiskopUKM Kepri, Riki Rionaldi saat menghadiri pelantikan BPC HIPMI Kota Tanjungpinang periode 2024-2027 di Hotel CK Tanjungpinang, Sabtu (23/3/2024). F:Sijoritoday.com/istimewa

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Tanjungpinang, Ade Kurniadi menyampaikan terima kasih, kepada seluruh panitia yang mendukung prosesi pelantikan bisa berjalan lancar.

“Saya harap HIPMI Tanjungpinang makin berkibar, dan bisa menjadi inspirasi rekan-rekan teman pengusaha lainnya,” ucapnya.

Ade menyampaikan, tidak mudah untuk berbisnis di Tanjungpinang karena bukan lalu lintasnya market.

“Tapi kita berusaha untuk memutar krisis itu menjadi peluang bisnis dan dapat bersaing,” ujarnya.

Ade juga menyebutkan, membangun usaha di Tanjungpinang ibarat bermain roller coster ada naik dan turunnya.

Namun meski demikian, sambung Ade, bagaimanapun sulitnya pihaknya sebagai pengusaha yang lahir di Tanjungpinang harus kuat menghadapi dinamika yang ada.

“Seperti kata pepatah pelaut ulung tidak dihasilkan dari laut yang tenang, itu dirasakan pengusaha Tanjungpinang, banyak dari segi persaingan dari segi market dan lain sainganya,” sebutnya.

Ade juga berpesan kepada pengusaha di Tanjungpinang untuk dapat membangun usaha sesuai gaya dan tidak mengikuti usaha orang lain.

“Sehingga saling berkolaborasi dan bersinergi, bukan saling mematikan usaha satu sama dengan yang lainnya,” pungkasnya. (*)

Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here