FV Viking Kapal Mafia Pencurian Ikan Internasional Ditangkap TNI Angkatan Laut Di Perairan Tanjung Berakit, Kamis (25/2) Foto : Lantamal IV

BATAM, SIJORITODAY.com—FV Viking kapal berbendera Nigeria dengan nahkoda berkebangsaan Chilli, ditangkap jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV disekitar perairan Tanjung Berakit, Kabupaten Bintan, Kamis (25/2).

Penangkapan FV Viking oleh TNI Angkatan Laut  berdasarkan Purple Notice Interpol Negara Norway. Kapal FV Viking ditengarai terlibat dalam penipuan yang berhubungan dengan kejahatan perikanan internasional.

Dari keterangan Notice Interpol, FV Viking sudah sebanyak 13 kali melakukan pergantian nama, 12 kali berganti bendera serta 8 kali berganti Call Sign.

Pihak TNI Angkata Laut yang melakukan pemeriksaan terhadap fisik mesin kapal juga mendapati mesin kapal tidak sesuai dengan yang tertera pada surat aslinya. Nahkoda kapal FV Viking juga tidak memiliki dokumen kecakapan nahkoda.

Nahkoda kapal FV Viking beserta seluruh crew kapal yang berasal dari negara  Myanmar, Argentina serta Indonesia, tidak naik keatas kapal melalui proses keimigrasian, namun langsung dari laut.

Komandan Lantamal IV Kolonel Laut (P) S. Irawan pada sejumlah media di Pangkalan TNI Angkatan Laut Mentigi, Tanjung Uban mengatakan, dari keterangan nahkoda kapal FV Viking sudah selama dua belas hari lego jangkar di wilayah perairan Kabupaten Bintan.

“Untuk operasinya dari out port limit (OPL)   ke Cape Town samudera atlantik untuk mencari ikan fishing groundnya disitu, kemudian setelah ikan itu penuh dia harus menunggu perintah dari owner yang ownernya sendiri nahkoda tidak tau”.

Ditambahkan S.Irawan, kapal FV Viking telah membuang seluruh muatan ikan dari atas kapal akibat adanya kerusakan pada alat mendingin. Mereka sebenarnya sedang dalam menunggu pasokan spare part yang dijanjikan agen di Batam dan Singapura.

Pihak Lantamal IV telah berkoordinasi atas ditangkapnya FV Viking dengan pihak Interpol Indonesia di Jakarta.

Kini Kapl FV Viking, nahkoda serta  11 orang crew ditahan di pangkalan TNI Angkatan Laut Mentigi, Tanjung Uban untuk proses selanjutnya.

Penulis : ddo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here