BATAM, SIJORITODAY.com – – Praktek percaloan di Bandara Hang Nadim Batam Provinsi Kepri kian marak. Baik itu percaloan tiket bagi penumpang keberangkatan  dengan barang bawaan yang masuk bagasi pesawat.

Hal itu tampak terjadi dan dilakukan oleh oknum tertentu di bandara, seperti yang dilihat pada Kamis (29/9/2016). Dan diduga kebiasaan itu sudah dilakukan berulang kali oleh petugas bandara dan porter.

Pantauan SIJORITODAY.com, para penumpang saat tiba di terminal keberangkatan, langsung didatangi oknum tertentu atau porter bandara. Mereka menawarkan tiket dan bagasi barang bawaan dengan harga yang lebih murah.

“Saya tiba dan langsung ditawarin tiket atau hantar barang ke dalam. Setelah itu  ditawarin untuk barang saya langsung bagasi tanpa antri. Kami sepakat harga dulu,” ungkap Emily penumpang jurusan Surabaya yang ditemui saat itu.

Lanjutnya, tanpa antrian,  barang bawaan  penumpang langsung dihantar dan ditimbang petugas. Namun sebelumnya ada negosiasi terdahulu soal harga antara portir dan penumpang. Apabila sudah ada kesepakatan, maka barang tersebut ditimbang masuk bagasi dan penumpang langsung membayarkan sejumlah uang pada porter bukan kepada petugas maskapai.

“Ada yang Rp 200 ribu sampai Rp 500 an ribu. Tergantung barang yang dibawa. Tapi uangnya ke portir bukan ke petugas. Mereka mungkin sudah kong kalikong.Lebih mudah memang,” kata Emily.

Hingga berita ini dilansir, General Manager Umum BUBU Hang Nadim Batam Suwarso belum berhasil dijumpai begitu juga dihubungi hingga kini belum bisa terhubung.

 

 

Penulis : Alfin Lamaberaf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here