TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober ,Yang mana Pemuda merupakan wujud kekuatan potensial yang selalu menunjukkan kehadirannya dalam setiap peristiwa sejarah perjuangan bangsa.

Bendahara Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Kepri Iwan Kusmawan mengatakan bahwa Kualitas pemuda ialah investasi utama bagi bangsa untuk memenuhi tuntutan politik dalam lingkungan globalisasi yang kian tak terelakkan. Sejarah telah mencatat bahwa kaum muda juga berperan dan berpartisipasi aktif dalam setiap gerakan politik untuk mencapai cita-cita kemerdekaan bangsa dan negara maupun perubahan perubahan yang terjadi di negara ini.

“Pemuda sekarang harus lebih maju, lebih gigih dan harus dapat mandiri didalam berperan aktif dalam mengisi pembangunan. Sejalan dengan semangat desentralisasi, dengan pelimpahan kekuasaan dan wewenang yang lebih luas kepada pemerintah daerah, membuka kesempatan bagi setiap masyarakat mengisi pembangunan daerah,”harapnya.

Lebih lanjut dikatakan Iwan, Pemuda juga sebagai elemen penting masyarakat dalam pembangunan daerah, sudah sepatutnya memaknai dan mewarnai setiap kebijakan pembangunan daerah.

“Disinilah pentingnya pemuda memposisikan diri dan mengambil peran-peran strategis dalam pembangunan daerah saat ini,”pungkasnya kepada SIJORITODAY.com.

Sambung Iwan, semangat perubahan yang menjiwai semangat desentralisasi mestinya menemukan titik yang sama dengan peran yang telah melekat dalam diri pemuda. Menterjemahkan peran-peran strategis yang memberi konstribusi bagi percepatan pembangunan daerah menjadi pilihan yang tidak boleh lepas dari peran aktif pemuda.

Selain itu, Iwan juga berharap Pemuda tidak lagi hanya dalam posisi berpangku tangan atau menunggu inisiasi dari pemerintah daerah untuk bersama-sama berperan mengisi pembangunan daerah.

“Pemuda harus bisa mandiri dan ikut mendorong konsep pembangunan daerah serta mendorong kesadaran semua elemen masyarakat untuk terlibat aktif bagi percepatan pembangunan,”pintanya.

“Akhirnya, pemuda harus menyadari bahwa semangat nasionalis dan demokratis harus ditanamkan dijiwa ini bagi membangun kemandirian dan profesionalisme dalam ikut serta menunjukkan identitas pemuda sebagai lokomotif pembangunan,”tambahnya.

 

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here