KPPU sidang gudang daging impor di Batam, Kamis (4/5). Foto : AF

BATAM, SIJORITODAY.com– – Komisi Pengawas  Persaingan Usaha ( KPPU) Kantor Perwakilan Daerah Batam  bersama Desperindag Batam menggelar inspeksi mendadak (sidak) dalam rangka memantau stabilitas harga bahan kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan.

Sidak yang dipimpin langsung  Lukman Sungkar, kepala KPPU Batam, memantau sejumlah gudang pendistribusian daging dan pasar ritel  modern Hypermart.

“Kita (Kppu) di daerah turun melakukan pengecekan  pendistribusian bahan pokok sebagai upaya pengendalikan harga menjelang Ramadhan,” ucap Lukman saat berada disalah satu gudang daging import milik Batam Frozen Food Nagoya. Kamis (4/5/2017).

Ia menyebutkan pelaksanaan sidak merupakan  instruksi dari Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Perdagangan,

” Ada tiga komuditas yang sudah diatur Harga Eceran Tertinggi (HET) dimana sampai ke konsumen tidak melebihi harga yang sudah ditetapkan,” imbuh Lukman.
Kepala Kantor KPPU KPD Batam menyebutkan  persediaan daging, gula pasir dan minyak goreng untuk bulan puasa dan lebaran dijamin ketersediaannya.

” Dan saat ini untuk harga masih mengikuti yang ditetapkan pemerintah, HET ditiga komoditas yang terdiri dari daging, gula pasir dan minyak goreng akan berlangsung sampai tanggal 10 September 2017,” Jelas  Lukman.

Diantaranya harga daging Rp 80.000 /kilo, gula pasir Rp 12.500/kilo serta minyak goreng Rp 11.000 /liter.

“Jika di dalam pemasaran ditemukan bahan pokok tersebut  pendistribusianya  diatas harga  yang telah di tentukan. Kppu dan kepolisian akan membuat Tim penindakan untuk memproses,”ujarnya.

KPPU  akan memproses secara  hukum dan mendorong agar dinas terkait (Perdagangan) untuk mencabutan ijin usaha sebagai bentuk sanksi nantinya.

Sementara itu, William Martinus pemilik gudang PT Batam Frozen Food mengatakan  sudah mengetahui peraturan dari Kementrian Perdagagangan terkait harga daging.

” Saat ini 100 ton  stok daging sudah didistribusikan ke hotel, restoran, super market serta pasar,” ujar Martinus.

Harga pendistribusian untuk pasar swalayan  sudah  mengikuti pelaturan pemerintah. Selain daging beku yang didatangkan berasal dari Australia tersebut telah melalui Karantina.

Penulis : Afrodite

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here