dok.klikdokter

SIJORITODAY.com- – Berbagai cara dilakukan pasangan suami istri agar mendapatkan hubungan seksual yang berkualitas. Salah satunya adalah dengan menjaga agar vagina tetap basah selama berhubungan.

Ya, vagina kering memang akan sangat mengganggu aktivitas seksual. Pada wanita, hal ini dapat mengakibatkan iritasi yang berujung pada penyakit infeksi. Sementara itu pada pria, hal ini bisa menimbulkan rasa nyeri dan iritasi di sekitar kemaluan.

Ada banyak penyebab vagina kering –seperti kesedihan, masalah kesehatan mental, kelelahan, dan stres. Vagina kering juga umum terjadi setelah trauma kelahiran, saat menyusui, pada wanita yang telah menopause, menderita diabetes, dan kurangnya foreplay.

Anda tak perlu risau mengatasi semua itu. Mengonsumsi obat tertentu seperti antihistamin justru dapat menyebabkan vagina menjadi kering

Jadi bagaimana cara agar vagina tetap basah selama berhubungan? Lakukan beberapa hal berikut:

  1. Melakukan foreplay yang cukup dan jangan tergesa-gesa. Hal ini akan memberi rasa nyaman dan menghilangkan cemas selama
    berhubungan seksual.
  2. Menggunakan pelumas khusus, terutama jika penyebabnya adalah suatu penyakit (diabetes) atau karena menopause. Jangan gunakan air liur sebagai pelumas karena kebersihannya tidak terjamin dan akan membuat vagina makin kering.
  3. Melakukan terapi hormonal, yang tentunya jika vagina kering disebabkan karena masalah hormonal.

Semoga kita di atas bisa membantu mengatasi masalah Anda. Bila sudah melakukan hal demikian namun vagina tetap kering selama berhubungan seksual, segera konsultasikan masalah Anda ke dokter. (red/klikdokter)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here