TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno menggelar tabur bunga di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Marapas di laut, belakang Pulau Penyengat Tanjungpinang. Kegiatan ini rangkaian memperingati Hari Pahlawan ke-72, Jumat (10/11).

“Bertepatan Hari Pahlawan ke-72 hari ini, kita telah sama-sama melaksanakan upacara di lapangan kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang. Kemudian dilanjutkan dengan agenda tabur bunga untuk mengenang jasa para pahlawan kita yang gugur dan terkubur di laut, dan tanpa kita ketahui jasadnya,”kata Eko usai tabur bunga di atas KAL Marapas.

Dalam kegiatan ini, Kata Eko, ia bersama para purnawirawan dan veteran yang mana mereka sebagai pelaku sejarah di laut, khusus yang berada di wilayah Kepri.

“Untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita yang telah gugur di laut, maka kita khususkan untuk memberikan doa kepada arwah yang selama ini tidak ditemukan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Eko juga menyebutkan tetang adanya penambahan satu gelar pahlawan lagi yang dimiliki Provinsi sebagai pahlawan nasional, yakni Sultan Mahmud Riatsyah Tiga selaku pahlawan gerilia laut dari kerajaan Riau Lingga.

“Gelar pahlawan nasional tersebut telah diresmikan sesuai Peraturan Presiden (Perpres). Piagamnya diserahkan oleh Presiden RI kepada keluarga beliau kemaren, ,” tuturnya.

Disamping itu, bertepatan peringatan Hari Pahlawan Nasional, maka keluarga Sultan Mahmud Riatsyah Tiga juga diundang oleh Presiden mengikuti upacara di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kali Bata.

“Besok (hari ini) rencananya akan disambut oleh Gubernur Kepri dan akan diarak melalui pawai keliling kota,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Eko juga menyebutkan akan mengusulkan dan mengajukan pahlawan laut di Kepri lain, agar dapat dibuat prastasti atau monumen pahlawan laut di Kepri.

“Pembangunan monumen ini juga tidak boleh menyimpang dari anggaran APBN yang ada serta harus terprogram sesuai rencana,”pungkasya.

Penulis: An

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here