Foto : penlantamal4

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, memberikan paparan di depan delegasi pimpinan MPR RI pada acara pertemuan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Sri Beni Pemprov Kepri, Senin (11/12).

Acara pertemuan Delegasi Pimpinan MPR RI dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kepulauan Riau tersebut dilaksankaan dalam rangka kunjungan kerja MPR RI ke daerah perbatasan. Delegasi MPR RI yang melakukan kunjunagn kerja ke Kepri berjumlah 9 orang  dibawah pimpinan Wakil Ketua MPR RI Bapak E.E. Mangindaan.

Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno pada kesempatan tersebut memberikan paparan tentang Peran Lantamal IV Tungjungpinang di wilayah laut perbatasan mencakup tugas TNI AL sesuai dengan Pasal 9 UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI, batas-batas wilayah dengan Negara tetangga, wilayah kerja Lantamal IV serta keberadaan dan keberhasilan Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV.

Beberapa keberhasilan  yang menonjol WFQR IV antara lain penangkapan terhadap TO Interpol Norwegia FV. Viking di Tanjung Berakit, MT. penangkapan MT. Vier Harmoni di Perairan Pulau Dato, penangkapan pelaku pencurian di Perairan Tanjung Sekupang Batam, penangkapan TKI Ilegal di Perairan Kawal, penangkapan narkoba asal Malaysia di Perairan Timur Pulau Tekong Hiu Tanjung Balai Karimun dan penangkapan speed boat bermuatan hand phone ilegal di Perairan Labun, Batam serta penangkapan tagboat dan tongkang yang diduga dirompak di Perairan Tambelan.

Dari hasil pertemuan antara delegasi pimpinan MPR RI dengan FKPD Provinsi Kepri terdapat beberapa kesimpulan hal antara lain, permasalahan terkait personil akan di sampaikan ke Komisi III DPR RI, permasalahan terkait sarana intercept   pelaku ilegal di laut dan masalah alat deteksi serta komando pengendalian lintas instansi  wilayah perbatasan akan ditindaklanjuti, dan untuk pembangunan di wilayah perbatasan khususnya di pulau-pulau  terluar akan di koordinasikan dengan BNPP.

Kegiatan tersebut dihadiri FKPD Provinsi Kepri diantaranya Sekda Provinsi Kepri, Kapolda Kepri, Kepala BNPP, Kasrem 033/WP, Danlanud TPI dan Kapala Kanwil BC Kepri.

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here