TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.Com- –
Pelaksanaan festival budaya Batak Kota Tanjungpinang menjadi salah satu event yang cukup meriah dalam perhelatan festival kebudayaan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Plt. Dinas Parawisata dan Kebudayaan kota Tanjungpinang, Raza Kholidin usai acara pergelaran festival budaya Batak di lapangan Pamedan, Sabtu (5/5/2018) mengatakan, kegiatan tersebut sangat memberikan kesan kepadanya, apalagi banyak keberagaman budaya yang memiliki potensi di Tanjungpinang untuk didorong dan dikembangkan.

“Apalagi Tanjungpinang yang diidentik dengan potensi kebudayaan dan pariwisatanya,” katanya.

Kedepannya, kata Kholidin, kebudayaan- kebudayaan yang ada di Kota Tanjungpinang harus didorong agar menjadi ikon dan nomenklatur Kota Tanjungpinang.

“Saya tidak mengira antusiasisme jumlah masyarakat yang hadir sebanyak ini, sementara kita-kita dari pihak pemko menyediakan tenda terbatas,” tungkasnya.

Kholidin memastikan, kegiatan festival budaya Batak Kota Tanjungpinang ini akan dimasukan kedalam kalender Dinas Parawisata dan kebudayaan untuk dijadikan agenda kegiatan.

Senada dengan itu, Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza menyampaikan, kegiatan festival budaya Batak tersebut sangat luar biasa dari potensi yang dimiliknya, baik tarian tor- tor dan gondang yang ditampilkan tersebut sangat menarik.

“Melalui festival budaya Batak ini menunjukkan dan memberikan kesan serta menyadarkan kita akan keberagaman dan kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Kedepannya kegiatan festival seperti ini akan kita tampilkan dalam festival kebudayaan nusantara,” ucap Ariza.

Selain itu, Penggagas acara festival budaya Batak, Petrus Sitohang menyampaikan, bahwa orang Batak itu harus bersatu, orang Batak harus memberikan yang terbaik.

“Batak untuk Indonesia “, ujar Petrus Marilak Sitohang yang merupakan anggota DPRD Kota Tanjungpinang ini.

Untuk mengembangkan festival tersebut, juga dibentuk Sanggar Saur Nauli agar kedepannya terdapat wadah untuk berlatih.

Acara tersebut juga dimeriahkan oleh Hardoni Sitohang dan Eric Sihotang, kakak kandung artis papan atas, Judika. Festival juga menggelar peragaan pakaian adat Batak, stand kuliner yang menyajikan berbagai masakan khas kelima puak.

Penulis: Bet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here