LINGGA, SIJORITODAY.com – – Kapal roll on – roll off KMP. Paray milik PT. asdp Ferry Indonesia terbakar dibagian lantai dua kursi penumpang, yang menghanguskan hampir seluruh bagian kursi penumpang, di pelabuhan roro Jagoh Dabo Singkep, pada Rabu (30/5) malam saat kapal sedang sandar dipelabuhan.

Kebakaran tersebut membuat kapal yang setiap harinya melayani rute Dabo – Daik tersebut tidak dapat beroperasi untuk sementara waktu, meskipun terbakar dibagian atas.

Kondisi mesin kapal masih dalam kondisi baik, karna api tidak sampai menjalar kebagian mesin. Dan saat kapal terbakar, beberapa Anak Buah Kapal juga sedang tidak berada didalam kapal, sehingga tidak ada korban jiwa maupun korban luka.

“Saat itu beberapa ABK ada yang sudah tidak berada dikapal, dan sedikit terkejat dengan kebakaran tersebut, karna api juga menjalar cepat,” kata Kapten Kapal Roro Suryanto.

Api menurutnya juga berhasil dipadamkan dengan cepat oleh beberapa petugas di pelabuhan roro dan dibantu dengan kapal KMP Sembilang yang kebetulan sedang parkir ditempat yang sama. Kapal penyeberangan penumpang ini memiliki mesin 162 GT (Gross Tonnage) dengan panjang keseluruhan 31 (Loa).

Dugaan sementara, api menjalar dan membesar dengan cepat karena sebagian besar bahan kursi adalah benda-benda yang sangat mudah terbakar seperti plastik dan karet.

“Api berhasil kita padamkan dengan cepat dengan bantuan mesin pemadam dari KMP Sembilang, dan masyarakat sekitar, penyebab pastinya nanti akan ada tim yang mengecek,” ujarnya.

Atas kejadian ini, Kepala Bidang perhubungan darat Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Novrizal mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, khususnya Kementerian perhubungan untuk menangani masalah kapal tersebut.

“Hari ini tim dari Kementerian Perhubungan akan turun langsung, untuk mengecek penyebab kebakaran bagian lantai dua kapal tersebut,” ungkapnya saat peristiwa kebakaran tersebut.

Selain itu dirinya mengatakan juga sudah berkoordinasi dengan pihak PT. ASDP Ferry Indonesia untuk mengganti kapal yang baru, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi tingginya arus mudik dan arus balik saat libur panjang anak sekolah yang bertepatan dengan libur Idul Fitri. Dan jawaban dari pihak PT. ASDP Ferry Indonesia akan mempertimbangkan hal tersebut.

“Kita ingin permasalahan ini segera dicarikan solusinya, karna saat ini arus penumpang mulai padat, padahal roro Tanjungpinang – Dabo juga baru selesai docking, malah ada masalah baru ini,” sebutnya.

Kerugian materi yang diakibatkan dari terbakarnya kapal Penyeberangan penumpang KMP. PARAY ini diperkirakan jutaan rupiah.

Penulis: Jon Kosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here