TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kepri, Maifrizon melakukan peninjauan langsung proses pengerjaan stadion international Dompak, Rabu (27/3). Stadion tersebut ditargetkan sudah mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2019 ini.

Pantauan di lapangan, progres pembangunan stadion ini meningkat signifikan. Kondisi lapangan yang awalnya gersang kini sudah dipenuhi rumput berstandar internasional, sehingga tampak subur dan menghijau.

“Fokus kita saat ini ialah masuk ke dalam tahap top dress, berupa penambalan beberapa permukaan lapangan yang belum rata,” ujar Maifrizon.

Lanjutnya, untuk mendatarkan lapangan secara keseluruhan akan menggunakan pasir khusus lapangan.

Proses top dress itu, sebutnya, membutuhkan waktu selama satu minggu hingga sepuluh hari. Setelah itu, baru masuk ke dalam proses perawatan maksimal rumput agar bisa digunakan.

Sebelum digunakan, pihaknya juga akan membuat garis lapangan serta membuat pola corak warna lapangan seperti di stadion bola lainnya di Indonesia.

“Biasanya banyak yang memakai corak sarung dan catur,” ungkapnya.

Dia juga menuturkan, proses penataan rumput memang hampir selesai, namun untuk stadion dan fasilitas lainnya akan dibangun akhir Mei 2019 mendatang.

“Kita memang mengggesa pembangunan ini. Pekerja ditambah lagi sebanyak lima orang,” imbuhnya.

Mantan Kepala Satpol PP Kepri itu turut merencanakan, di stadion tersebut tidak hanya menjadi fasilitas olah raga tetapi juga akan dibangun kantor Dispora Provinsi Kepri.

Tidak hanya itu, ia juga berencana di bagian bawah stadion akan dibuat ruangan khusus menjual marchendaise olahraga.

“Seperti di Bali, jadi semua marcehendise sport dijual disana,” sebut Maifrizon.

Stadion ini berada di Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, tepatnya di kawasan pusat pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau. Hanya berjarak sekitar 500 meter dari kantor Gubernur Kepri.

Pembangunan stadion ini dengan anggaran Rp 300 miliar hingga selesai. Tidak hanya untuk lapangan bola dan trak lari, di dekat kawasan ini juga akan dibangun arena road race, lapangan beladiri dan beberapa arena olahraga lainnya.
Laporan: Mn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here