Oleh : Angelika Rouli Sinaga (Mahasiswa UMRAH)
NIM : 170388203005

Masing-masing orang yang ada di sekeliling kita pasti pernah mengalami berbagai macam masalah, baik itu masalah kecil atau pun masalah besar yang dialami setiap orang. Diantara masalah umum yang dialami setiap orang atau terjadi di kehidupan nyata diantaranya mengenai cinta, kesehatan dan keuangan. Masih banyak masalah yang terjadi di kehidupan sekarang ini. Menurut saya itu harus di hadapi dan di selesaikan karena itu merupakan tanggung jawab setiap manusia, kalo bukan kita yang menyelesaikan masalah kita sendiri siapa lagi yang akan bertanggung jawab akan hal itu. Jangan pernah menghindari setiap masalah yang ada tapi kita harus menyelesaikan nya dengan baik.

Menghadapi permasalahan yang ada tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan juga tidak semudah perkataan setiap orang bahwa setiap masalah ada solusinya. pertama saat ingin menyelesaikan masalah jangan dalam keadaan hati yang sedang emosi karena, kadang kala orang yang mempunyai masalah dan sedang emosi , bingung akan apa yang harus mereka lakukan. Jika menemukan solusi akan permasalahan mereka seketika mengingat apa yang akan terjadi kedepan, bagaimana jika ini terjadi, bagaimana dengan perkataan orang selanjutnya. Sehingga pusing sendiri,bingung sendiri akan masalah mereka, terjadilah strees dan deprsi karena tidak dapat menyelesaikan masalah mereka.

Hal paling penting dan utama untuk dilakukan ketika seseorang di hadapkan pada suatu permasalahan adalah dengan mengutamakan ketenangan diri. Ketenangan diri menjadi patokan utama bagi seseorang untuk dapat berfikir secara jernih karena emosi yang negative dan pikiran yang negatif terkadang justru membuat keadaan semakin rumit, bukan malah teratasi. Artinya, mungkin saja emosi dan pikiran negatif yang anda luapkan akan memberikan kelegaan dalam diri, namun itu bisa berdampak negatif kepada lingkungan yang ada di sekitar.

Masalah yang sudah terjadi dan dihadapi seringkali memberikan dampak negatif untuk kehidupan seseorang,bahkan tanpa disadari, hal itu kerap membuat seseorang menjadi trauma.Di antara yang menyebabkan hal itu terjadi adalah kurang ikhlasnya seseorang di dalam menerima suatu keadaan, dan yang paling penting untuk diketahui bahwa emosi yang terpendam ternyata bisa menjadi hambatan tersendiri untuk diri masing-masing.

Misalnya seseorang putus cinta oleh kekasih yang sangat dicintai nya , adanya rasa kehilangan membuat seseorang tersebut merasa hampa dalam kehidupannya. Bahkan, ia merasakan kesedihan yang berlarut-larut. Terkadang orang tidak dapat mengendalikan emosi nya sehingga orang tersebut tidak dapat berpikir jernih dan dapat melakukan hal apa saja atau tindakan apa saja yang mampu meluapkan emosi nya. Adakalah nya saat emosi tidak dapat di kendalikan dengan baik, kesehatan tubuh pun menjadi salah satu dampak nya.

Ini menjadi salah satu akibat dari emosi negatif yang diluapkan dan akhirnya menjadi hambatan dalam diri. Emosi yang ada menjadikan sikap seseorang tidak stabil, dan apabila hal tersebut diabaikan, maka bisa berdampak kepada tubuhnya. Saat emosi menjadi masalah dan tubuh tidak kuat menahan hal tersebut, maka akhirnya kesehatan tubuh tidak baik atau terganggu.

Bisa diawali dengan gejala insomnia atau susah tidur kemudian berlanjut kepada depresi yang berlebihan. Apabila itu dibiarkan begitu saja, maka di dalam waktu yang lama bisa memunculkan penyakit. Hal tersebut adalah sesuatu yang mendasari bahwa seseorang hendaknya mengelola stress mereka dengan baik sehingga emosi negatif menjadi terkondisikan. Hal itu disebabkan karena pengelolaan stress yang tidak tepat bisa merusak lingkungan sekitar dan juga diri sendiri.

Di antara cara yang tepat untuk mengelola stress dan juga emosi negatif adalah dengan memakai writing therapy atau terapi menulis. Terapi menulis ini bisa menjadikan emosi anda tersalurkan dengan sangat baik. Bahkan, ini bisa menjadi metode pengelolaan emosi yang sangat aman dan tanpa adanya efek samping.

Terapi menulis ini bisa dilakukan dengan berbentuk grup atau fasilitator tujuannya adalah agar satu sama lainnya bisa semakin menguatkan. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan untuk membuat suatu grup dan terkadang tidak semua masalah atau kehidupan pribadi kita dapat di ceritakan ke orang lain karena terkadang tidak ada yang abadi. Jika seperti itu maka terapi menulis bisa juga menyalurkan atau mengutarakan tentang isi hati kita atau permasalahan kita ke dalam sebuah buku dan menulis nya dengan tulisan tangan sendiri. Lebih di kenal dengan buku diary yang isi nya tentang kehidupan masing-masing orang.

Dengan adanya pelepasan semacam ini, stress anda juga akan berkurang dan emosi pun menjadi stabil. Di samping itu, anda juga bisa menemukan suatu hikmah dari kejadian yang ada , dan bisa menjadi jembatan bagi seseorang untuk lebih instropeksi diri di bandingkan harus mencari kambing hitam. Karena kadangkala seseorang menjadi ikut andil atas berbagai permasalahan yang datang kepada setiap orang .

Selain itu, terapi menulis juga akan memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar anda dan juga orang lain bisa mengambil pelajaran berharga dari masalah yang pernah dialami tersebut Sehingga, ketika ke depan nanti ada masalah yang sama menghampiri, maka tentu saja anda sudah lebih berpengalaman untuk mengatasinya. dan tentu saja itu bisa meningkatkan sikap bijaksana anda., dengan demikian masalah akan semakin mudah untuk dihadapi.

Sesudah itu, anda pun bisa menuliskan suatu hikmah dari setiap perjalanan hidup anda dan. juga bisa melihat berbagai tokoh yang menginspirasi yang menuliskan berbagai kegagalan di dalam perjuangan mereka yang akhirnya menjadi kisah sukses masing-masing dari mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here