LINGGA, SIJORITODAY.com — Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden yang dilaksanakan serentak beberapa waktu lalu, Pemkab Lingga, melalui Badan Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menggelar acara Deklarasi Indonesia Damai, yang dilaksanakan di Gedung Nasional Dabo Singkep, Kamis (25/04/2019).

Tampak hadir pada acara tersebut, Asisten Pemerintahan Kabupaten Lingga, Komisioner KPU, Kapolres Lingga, Danlanal, Komisioner Bawaslu, Perbung TNI mewakili Danramil, Kepala Bakesbangpol, Para Kepala OPD, perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Negeri, Perwakilan KPPS, tokoh masyarakat, serta camat setempat.

Dengan suasana hangat, acara yang mengusung persatuan dan perdamaian pasca pesta demokrasi ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menyatukan rasa kebangsaan seluruh peserta yang hadir.

Asisten Pemerintahan Kabupaten Lingga, H.Rusli dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh aparat kemananan dan juga TNI yang bekerja bahu membahu untuk mengamankan proses jalannya pemilu.

“Bapak-Bapak Polisi kita sudah bekerja dengan maksimal, sampai saat ini masih ada saya lihat standby di lokasi tersebut untuk menjaga keamanan. Juga TNI, dari Lanal juga, serta tidak lupa kepada Satpol PP yang juga ikut menjaga keamanan,” ungkap nya.

Ia juga mengucapkan sangat berterimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang sangat antusias mengikuti pemilihan serentak pada tahun 2019 ini.

“Yang tidak kalah pentingnya, petugas penyelenggara pemilu itu sendiri, mulai dari desa, sampai kepada ibu kota Kabupaten, bahwa mereka sudah bekerja baik dan sangat maksimal, hingga tidak ada kendala dalam pelaksanaan pemilu pada tanggal 17 april kemaren,” katanya.

Selain itu, Ia juga berharap dengan adanya kegiatan deklarasi damai ini, tidak ada lagi riak- riak yang lain.

“Kami juga menyampaikan terimakasih kepada tokoh-tokoh masyarakat kita yang sudah mendukung pemilu damai dan mereka bahu-membahu, mulai dari Dapil 1, Dapil 2 dan 3, semuanya aman terkendali di Kabupaten Lingga ini “Kita sama-sama menghormati keputusan KPU, dengan menunggu pengumuman resmi dari kami. Yakni sekitar tanggal 5 atau 6, khusus untuk penetapan calon terpilih untuk DPRD Kabupaten Lingga,” ucapnya.

Dalam kata penutupan sambutannya, Inti Indonesia damai setelah pemilu adalah mampu menerima kekalahan diri atau partai, sebagai patriot sejati, tidak mencari-cari dan membuat hoax atau menggiring opini dengan pembunuhan karakter, berjiwa besar dengan mengutamakan kepentingan daerah dan negara diatas kepentingan diri dan kelompok, serta toleransi terhadap berbagai perbedaan selama masa kampanye yang lalu.

Selain itu, juga mampu menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang berimplikasi anarkis.

“Perhelatan Pemilu sudah berakhir, mari kita jaga situasi aman, damai dan kondusif ini demi mengisi pembangunan. Terlalu mahal harga yang harus dibayar, jika keutuhan dan ketenangan ini terusik oleh sesuatu yang tiada berguna,” imbuhnya.

Acarapun ditutup dengan pengucapan deklarasi damai secara bersama-sama oleh seluruh peserta yang hadir, dan disudahi dengan penandatanganan spanduk deklarasi damai.

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here