TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri, Jamhur Ismail, meminta PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) yang ada di wilayah setempat untuk tetap mengutamakan keselamatan penumpang pads saat mudik lebaran 2019 mendatang.

Pasalnya, Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) wilayah Kepri memprediksi hingga lebaran mendatang curah hujan cukup tinggi di sejumlah daerah di Kepri.

“Untuk itu, kami minta setiap keberangkatan penumpang ASDP harus berpatokan pada kondisi cuaca yang diberikan oleh BMKG,” ungkap Jamhur.

Hal ini, kata Jamhur, bertujuan agar keberangkatan penumpang selama mudik lebaran nanti dapat berjalan aman, lancar dan  para pemudik sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Tidak hanya terkait kondisi cuaca, ASDP juga diminta memastikan jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas kapal.

“Jangan sampai berangkat dengan membawa penumpang yang over kapasitas. Akan kami tindak tegas,” tegas Jamhur.

Lanjut Jamhur, Dishub bersama pihak-pihak terkait juga memastikan akan terus memantau dan mengawasi pelaksanaan mudik lebaran di pelabuhan-pelabuhan di Kepri, supaya selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang saat mudik hari raya Idul Fitri.

Selain itu, Dishub Kepri turut mengimbau kepada Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) untuk aktif mengecek kelayakan angkutan lebaran sebeluk keberangkatan.

“Tidak hanya kelayakan kapalnya saja, tetapi juga nakhoda dan ABK di dalamnya harus  dicek keseharannya demi keamanan mudik,” tuturnya.

(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here