TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Polsek Tanjungpinang Kota, Polres Tanjungpinang, Polda Kepulauan Riau, membagikan 600 masker kepada pengguna jalan raya seperti pejalan kaki, pengendara roda dua maupun roda empat yang terdampak kabut asap, Selasa (17/9) sore.
Pembagian masker dilaksanakan di dua lokasi terpisah yaitu Simpang Gedung Daerah, Jl. S.M. Amin dan di depan Mako Polsubsektor Tanjungpinang Kota, Jl. Merdeka.
“Semoga dengan kegiatan ini dapat membantu mengurangi resiko terkena penyakit ISPA akibat asap,” ujar Kapolsek Tanjungpinang Kota, AKP Reza Anugrah.
Menurut Reza, berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi dan Klimatolofi dan Geofisika (BMKG), kualitas udara di Kota Tanjungpinang pada hari ini masuk dalam kategori tidak baik.
“Ini akibat asap kiriman kebakaran hutan dan lahan dari daerah lain seperti Kalimantan dan Jambi, yang sudah beberapa hari ini menyelimuti Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Pihak Kepolisian, kata dia, memberikan beberapa tips untuk melindungi diri dari dampak buruk yang ditimbulkan oleh kabut asap.

Antara lain, lanjut Reza, menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, memperbanyak minum air putih, kemudian segera ke sarana pelayanan kesehatan bila kesulitan bernafas atau gangguan lainnya.
Kemudian, selalu melakukan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS), cuci bersih dan masak makanan dengan baik, serta upayakan agar polusi di luar tidak masuk ke dalam rumah, sekolah, kantor dan ruang tertutup lainnya.
“Polisi bersama instansi terkait lainnya juga sudah mendirikan posko bencana kabut asap di tiap-tiap kecamatan, untuk menanggulangi bahaya asap akibat karhutla,” ungkapnya.
(Mn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here