TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Dalam Rangka memperingati HUT ke-18 Kota Otonom Tanjungpinang, Pemerintah Kota Tanjungpinang mengadakan Pawai Budaya yang berlangsung secara semarak. Sejak mulai pagi, ruas jalan sepanjang Tepi Laut Tanjungpinang mulai dari Jalan Agus Salim sampai depan Gedung Gonggong, tumpah ruah dengan masyarakat, Selasa (29/10).

Ribuan warga berdiri berbaris memenuhi pinggir jalan. Mereka menyaksikan pawai budaya dan kendaraan hias. Berbagai pedagang kaki lima pun nampak sudah menjajakan dagangan sejak pagi.

Pawai dimulai dengan iringan berbagai macam parade pakaian budaya. Di antaranya berada di urutan pertama yaitu OPD, PKK dan GOW se-Kota Tanjungpinang, disusul oleh Pelajar SD, SMP, SMA, unsur pemerintahan, kelurahan, kecamatan, dan kelompok paguyuban.

Peserta pawai menampilkan pakaian budaya Nusantara. Beberapa di antara mereka menampilkan berbagai atraksi mulai dari drumband, silat, joget dangkung, reog, kuda lumping, barongsai, marawis, kompang, tari-tarian daerah, atraksk teatrikal dan lain sebagainya yang menjadi sorotan semua warga yang menonton dengan penuh suka cita.

Selanjutnya, pawai mobil hias juga memenuhi jalanan Kota Tanjungpinang. Parade mobil hias tersebut bergerak dari Terminal Sei Carang dan berakhir di depan Gedung Gonggong. Ini pun menambah semarak serta memukau masyarakat yang menonton dengan berbagai variasi, bentuk dan keunikan dari masing-masing mobil hias.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd mengapresiasi antusiasme masyarakat yang menurutnya berbeda dari gelaran sebelumnya. “Antusiasme masyarakat luar biasa, mulai dari peserta yang bertambah dan penonton yang tumpah ruah, mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk membangun kebudayaan untuk Tanjungpinang yang maju dan berbudaya,” ujar Syahrul.

Syahrul juga mengatakan, bahwa pawai budaya kali ini turut membantu promosi pariwisata Kota Tanjungpinang dan juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat. “Saya melihat kegiatan Pawai ini telah menjadi hiburan yang dapat dinikmati masyarakat sembari memperingati HUT ke-18 Kota Otonom Tanjungpinang,” jelasnya.

Syahrul pun berharap semoga kedepannya kegiatan ini dapat tetap terlaksana agar semangat membangun Tanjungpinang menuju kota yang maju, berbudaya dan sejahtera dalam harmoni, kebhinekaan masyarakat madani dapat terlaksana.

Meskipun panas terik dari pagi sampai siang hari namun masyarakat tetap setia menyaksikan pawai tersebut. Mereka baru meninggalkan lokasi setelah seluruh peserta pawai kendaraan hias berakhir. Dalam momen ini juga diserahkan piala dan penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menetapkan Kota Tanjungpinang sebagai Kota Layak Pemuda yang diterima langsung oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP di Jakarta (28/10) malam yang turut disaksikan oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’aruf Amin.

Tampak dari panggung kehormatan, Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, S.H, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Pimpinan FKPD Kota Tanjungpinang, Pj. Sekda Kota Tanjungpinang, Pimpinan FKPD dan OPD Kota Tanjungpinang.

(Hum/red)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here