ANAMBAS, SIJORITODAY.com – SKK migas bersama Medco E&P Natuna Ltd. (Medco E&P), Premier Oil Indonesia dan Star Energy serta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melaksanakan sesi pengembangan kompetensi jurnalis di Tarempa, Selasa (05/11/19).

Kegiatan pengembangan kompetensi ini dilakukan dalam bentuk Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang melibatkan belasan jurnalis yang sehari-hari meliput di KKA. Selain itu, Kegiatan rutin dari ketiga KKKS ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para jurnalis di Anambas.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah KKA Sahtiar, SH, MM dan pemaparan tentang industri hulu migas disampaikan oleh Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut Avicenia Darwis yang diwakili Kepala Departemen Haryanto Syafri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Sahtiar, SH, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada SKK Migas dan KKKS Wilayah Kabupaten Anambas yang telah memfasilitasi kegiatan Pengembangan Kompetensi Wartawan bagi wartawan di Anambas.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas kami mohon maaf karena Bapak Bupati belum bisa hadir dan tentunya kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar,” Ujar Sahtiar.

Kepada peserta UKW Sahtiar berpesan, dengan diadakannya kegiatan ini nantinya mampu menambah pengetahuan Wartawan Anambas.

“Dengan adanya kegiatan ini saya berharap media yang ada di Anambas menjadi lebih baik kedepannya”, harapnya sekaligus membuka secara resmi kegiatan UKW.

Dikesempatan itu, Kepala Departemen SKK migas bagian sumatra utara (Sumbagut) Haryanto Syafri dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan UKW ini penting diikuti jurnalis sehingga wartawan di Anambas ini kompeten dalam melaksanakan tugas jurnalistik.

“Kami sangat mengapresiasi sinergi yang baik antara SKK Migas, KKKS, Pemerintah Daerah dan Wartawan terus berjalan dengan baik sehingga bersama sama dapat mendukung kegiatan Hulu Migas di Kabupaten Kepulauan Anambas,” Ujar Haryanto.

Lanjut dia, pihaknya akan terus melakukan komunikasi kepada seluruh steakholder salah satunya dengan wartawan.

“Dengan adanya media, semua pemberitaan dapat diterbitkan dan dibaca oleh semua masyarakat,” Ucap Haryanto.

Sementara perwakilan KKKS, VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi berharap dengan kegiatan ini mampu memberikan manfaat lebih terutama bagi wartawan itu sendiri.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para jurnalis di Anambas dapat menambah pengetahuan tentang kode etik dan kaidah-kaidah dalam menghasilkan sebuah karya jurnalistik. Kegiatan UKW ini juga diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi rekan-rekan media yang berhasil lulus nantinya,” ujar Drajat Panjawi.

Selain itu kata dia, dengan adanya UKW dapat menjadikan wartawan yang berkompenten dan berkualitas dalam sisi pemberitaan sehingga dapat mengawal dan evaluasi khususnya perkembangan migas.

“Media yang melakukan pemberitaan tentunya dapat menjadi feedback bagi perusahaan migas baik dalam pemberitaan positif dan negatif, sehingga menjadi evaluasi bagi kami,” Pungkasnya.

Hadir pada kegiatan ini perwakilan KKKS, VP Relations & Security Medco E&P Drajat Panjawi, Senior Manager Government Affair Premier Oil Indonesia Buyung Heru Satria dan Manager Procurement & Government Relations Star Energy Yudi Pringadi, para Kepala OPD, Tokoh Masyarakat, Lanal Tarempa atau mewakili, Polres Anambas, Kacabjari Tarempa atau mewakili, dan Tokoh Pemuda (Bg).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here